KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pekan Lingkungan Indonesia 2013 – Jakarta, Minggu, 2 Juni 2013. Hari ini merupakan penutupan PLI 2013  tetapi merupakan pembuka kegiatan atau acara Hari Lingkungan Hidup yang di himbau dapat di laksanakan di seluruh Indonesia. Puncak kegiatan ini biasanya akan dilaksanakan di Istana Negara. Dan dilanjutkan di beberapa instansi atau pemerintah daerah.

Dalam laporannya Asisten Deputi Komunikasi Lingkungan Siti Aini Hanum menyampaikan bahwa kegiatan Pekan Lingkungan Indonesia 2013 telah mempertemukan semua pemangku kepentingan seperti masyarakat, dunia usaha dan pihak pemerintah dalam sebuah kerjasama yang harmonis dalam menyampaikan pesan-pesan lingkungan.  Pemerintah menyampaikan program, capaian dan kondisi lingkungan hidup terkini kepada masyarakat, pihak swasta menyampaikan pemanfaatan sumberdaya alam yang berkelanjutan serta masyarakat pun menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan oleh mereka dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Melalui Pekan Lingkungan Indonesia 2013 masyarakat memperoleh informasi yang tepat dan benar sehingga menjadi bahan edukasi untuk lebih mendorong kearah cinta dan peduli lingkungan.

Tema sentral “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan”, seluruh kegiatan dalam Pekan Lingkungan Indonesia 2013 membuka kesadaran kita semua/masyarakat atas pentingnya  perilaku dan pola konsumsi yang ramah lingkungan.

Pekan Lingkungan Indonesia Ke-17 Tahun 2013 ini diselenggarakan bersamaan dengan pameran CSR yang Ke-5 dan Pameran Teknologi terbarukan yang Ke-3.

Sejak di buka oleh Menteri Lingkungan Hidup pada tanggal 30 Mei 2013 hingga hari ini (2 Juni 2013), Pekan Lingkungan Indonesia 2013 telah melaksanakan serangkaian kegiatan, seperti; Pameran Lingkungan (di ikuti oleh 300 stan), stan Kementerian Lingkungan Hidup terpilih sebagai stan Favorit tahun ini, Lomba Menggambar dan Mewarnai (kategori PAUD/TK: 98 peserta, kategori 1-3 SD, 160 peserta, kategori 4-6 SD 98 peserta), Lomba Photo Lingkungan (324 peserta seluruh Indonesia, 617 foto), Lomba Insinyur Cilik (di ikuti oleh 54 kelompok, 270 peserta dari kategori pelajar SD dan SLTP). Eco Driving Seminar dan Rally, (120 peserta seminar dan 42 kendaraan peserta rally dari kategori kendaraan 1500 cc ke bawah dan 1500 cc ke atas), Festival Green Music (27 kelompok dengan total 135 peserta, kategori boy band, girl band, dan akustik). Seminar/Workshop/Talkshow tingkat nasional dengan 17 judul seminar yang akan menghadirkan pembicara-pembicara para pakar dibidangnya masing-masing.

Untuk Fun Walk di ikuti oleh 200 peserta dari seluruh lapisan masyarakat, bersama karyawan dan Menteri Lingkungan Hidup. Dalam kegiatan ini disiapkan door price bagi para peserta. Kegiatan ini berlangsung pukul enam pagi.  Sebelum pemberian door price oleh Menteri Lingkungan Hidup. Kementerian Lingkungan Hidup menunjuk Duta Lingkungan kepada 3 orang artis yaitu; 1. Elma Theana, 2. Nina Tamam, 3. Christ Laurent. Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu, 2 Juni 2013 pagi (06.00 WIB) berjalan disekitar Istora Senayan.

Kementerian Lingkungan Hidup juga melaporkan Zero Waste Event, yang telah mengerahkan sejumlah relawan untuk mengumpulkan dan memilah sampah di arena Pekan Lingkungan Indonesia 2013. Selama penyelenggaraan PLI 2013 ini dihasilkan total sampah sebanyak 322,5 kg yang terdiri dari 108 kg sampah organik,  73 kg sampah plastik,  dan sampah non organik lainnya sebanyak 141,5 kg. Sedangkan total Pengunjung tahun ini sembilan puluh empat ribu sembilan ratus dua puluh delapan (94.928) orang.

Dalam sambutan penutupan PLI 2013 yang disampaikan oleh Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Illyas Assaad menyampaikan,  “Pada akhirnya, melalui Pekan Lingkungan Indonesia (PLI 2013) Kementerian Lingkungan Hidup mengajak semua pihak untuk mengubah perilaku dan pola konsumsi untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Ini adalah tanggung jawab bersama masyarakat Indonesia. Semakin kita tahu tentang informasi makanan, semakin bijak kita memilih makanan yang dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan”.

Sekali lagi, “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi untuk Selamatkan Lingkungan” Sampai jumpa di Pekan Lingkungan Indonesia selanjutnya.

Informasi Lebih Lanjut:

Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
Illyas Assaad
Asisten Deputi Komunikasi Lingkungan
Siti Aini Hanum
https://www.facebook.com/hari.lingkungan