KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik (good goverment), sejak tanggal 12 November 2012 Kementerian Lingkungan Hidup telah menerapkan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik  (TNDE) di lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup baik di Pusat maupun PPE.

Pada tanggal 11 – 12 November 2013 Bidang Administrasi dan TUP mengadakan bimbingan teknis TNDE yang agenda didalamnya pengenalan dan bimbingan teknis penggunaan aplikasi siMAYA dengan narasumber dari KemenKominfo(Bapak S. Juliandry Simanungkalit dan Bapak Dirgantara Manurung).

siMAYA merupakan aplikasi e-office yang telah disempurnakan dari aplikasi e-office sebelumnya. Aplikasi siMAYA telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Bimbingan teknis ini dihadiri oleh 55 peserta dari masing-masing TU di unit kerja KLH dan PPE. Bimbingan teknisini dibuka oleh Kepala Biro Umum, Bapak Wartim Sumana danditutup oleh Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup, Ibu Hermien Roosita.

Manfaat aplikasi siMAYA :

  • Cara sistem elektronik administrasi perkantoran mengantikan  sistemkonvensional yang selama ini digunakan.
  • Meningkatkan keterhubungan dan koordinasi antar instansi pemerintah, karena aplikasi siMAYA merupakan sistem administrasi perkantoran yang terintegrasi
  • Meningkatkan efisiensi waktu dan efektivitas administrasi perkantoran
  • Dapat diakses dari manapun dan kapanpun melalui internet maupun intranet
  • Cara penggunaan aplikasi ini sederhana.

Pada penerapan aplikasi siMAYA perlu didukung dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga tercapai komunikasi yang efektif dan efisien dalam pelaksanaan TNDE KLH, sehingga pada kesempatan ini hadirjuga ahli bahasa Indonesia Prof. Dr. Hj. Yayah B. Mugnisjah Lumintaintang, A.P.U.

Informasi Lebih lanjut:
Biro Umum KLH
Bagian Administrasi dan TU Pimpinan
Kementerian Lingkungan Hidup