KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada hari Rabu, tanggal 28, Februari 2001, 30 peserta diklat PPNS telah dikukuhkan dan dilantik menjadi Pejabat PPNS bidang lingkungan dengan ruang lingkup wilayah kerja masing-masing. 30 calon

Pejabat PPNS angkatan ke 3 itu dilantik oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup/Kepala Bapedal DR. A. Sonny Keraf yang juga disaksikan oleh Sekretaris Menteri Negara Lingkungan Hidup, Sekretaris Utama Bapedal, Para Pejabat di Lingkungan Bapedal, Lemdiklat Mabes Polri Pusdik Resintel Polri, Kejaksaan Agung, Departemen Kehakiman dan Hak Azazi Manusia.

 

Sampai saat ini Bapedal sudah memiliki 86 orang pejabat PPNS dari 3 kali penyelenggaraan diklat. PPNS tersebut tersebar di seluruh propinsi Indonesia, dan diharapkan pejabat PPNS tersebut akan mampu membantu pemerintah dalam menegakan hukum lingkungan sehingga dapat mencegah berbagai implikasi negatif pada lingkungan yang timbul dari inisiatif-inisiatif yang tidak bijaksana.

 

Sementara itu diperoleh laporan/masukan dari Bapedalda Jawa Timur bahwa Tim Polda Jawa Timur bersama Bepedalda telah melakukan penangkapan terhadap pembuangan limbah cair ke kali Sadar. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Tim penyidik Bapedalda Prop. Jatim dan Polda Jatim terhadap 9 (sembilan) pengemudi truk diketahui bahwa limbah cair yang di buang ke Kali Sadar berasal dari 3(tiga) perusahaan yaitu : a. PT. Satelit Seriti, Pandaan Pasuruan;industri agar-agar, b. PT. Amarta Carrageenan Indonesia (A.C.I), c. PT.Multi Bintang Indonesia, Pacet Mojokerto; industri minuman bir.

Jakarta, Februari 2001