Pelatihan Tim Pembina ADIWIYATA Propinsi Se-Indonesia

Solo, 16-18 Februari 2012. Program Adiwiyata yang telah dilaksanakan sejak tahun 2006, bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Dalam waktu 6 tahun ada lebih dari 1500 [...]

24 Feb 2012 03:28 WIB
pembukaan

Pembukaan oleh ; Djoko Sutrisno,Kepala BLH Provinsi Jawa Tengah (kiri) Chairuddin Hasyim, KLH (tengah) Ulrich Klingshirn, HSF (kanan)

Solo, 16-18 Februari 2012. Program Adiwiyata yang telah dilaksanakan sejak tahun 2006, bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Dalam waktu 6 tahun ada lebih dari 1500 sekolah yang berpartisipasi dalam program tersebut. Dari sekitar 1500 sekolah tersebut, hanya sekitar 250 sekolah yang mencapai kriteria yang ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata. Namun dengan jumlah seluruh sekolah di Indonesia yang mencapai lebih dari 250 ribu sekolah, dampak yang ditimbulkan dari sekolah Adiwiyata tersebut masih belum terasa signifikansinya.

Untuk itulah maka dirasa perlu untuk mengembangkan konsep program Adiwiyata, agar dapat terjadi akselerasi pembentukan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan dan pemerataan propinsi yang memiliki sekolah Adwiyata. Pada konsep Adiwiyata 2012 aspek pembinaan dan pelibatan pemda secara aktif menjadi unsur terpenting dalam membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Penghargaan akan diberikan sesuai dengan pencapaian dari masing-masing sekolah. Untuk pencapaian 70 % dari kriteria akan diberi penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten/Kota, pencapaian  80 %  akan memperoleh penghargaan sekolah Adiwiyata Propinsi, dan pencapaian 90 % akan memperoleh penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional. Sedangkan bagi sekolah yang akan menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri untuk membina paling tidak 10 sekolah yang dapat mencapai Adiwiyata kabupaten/kota.

Terkait dengan pengembangan konsep tersebut maka Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat bekerjasama dengan Hanns Seidel Foundation, melaksanakan pelatihan (Training of Trainers) bagi Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Propinsi se Indonesia, yang merupakan tindak lanjut dari Sosialisasi Adiwiyata yang dilaksanakan di Surabaya pada Desember 2011.

Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Propinsi adalah unsur utama dalam Tim Pembina Propinsi Adiwiyata. Selain kedua instansi tersebut, tim Pembina Propinsi Adiwiyata terdiri dari unsur Kanwil Agama, LSM lingkungan/pendidikan lingkungan, media massa, dunia usaha, Perguruan Tinggi dengan dikukuhkan oleh Surat Keputusan Gubernur.

Dr Ulrich Klingshirn, Director Hanns Seidel Foundation Indonesia dan Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala BLH Jawa Tengah memberikan sambutan pada ToT ini dihadiri oleh Badan Lingkungan Hidup dan Dinas  Pendidikan Propinsi dari seluruh Indonesia kecuali propinsi Bengkulu dan NTT,  sedangkan pembukaan dilakukan oleh Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat yang diwakili oleh Asdep Penguatan Inisiatif Masyarakat.

Pelatihan dilaksanakan oleh tim fasilitator yang merupakan mitra KLH dalam pengembangan program Adiwiyata. Sebagai penguatan, Prof. Dr. Arief Rahman, MPd, Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Kemdikbud yang  merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Adiwiyata menyampaikan materi “Pendidikan Lingkungan dan Pembentukan Karakter Bangsa Indonesia” sedangkan Ir. Ilyas Asaad, MP., MH Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan  Pemberdayaan Masyarakat, KLH menyampaikan materi  “Perkembangan Pendidikan Lingkungan di Indonesia dan Gambaran Umum Adiwiyata 2012”.

Para peserta pelatihan juga melakukan kunjungan lapangan untuk melakukan simulasi kajian lingkungan sekolah dan melakukan evaluasi sekolah. Dalam 3 (tiga) hari pelatihan ini, diharapkan BLH dan Dinas Pendidikan Propinsi dapat memberikan ToT kepada BLH dan Dinas Pendidikan Kabupaten/kota.

Keterangan lebih lanjut hubungi :
Asdep Penguatan Inisiatif Masyarakat
Kementerian Lingkungan Hidup
Telpon/Fax     : 021 85900225/8580087
Email                : susyrs@yahoo.com

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor