KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Depok, 1 – 2 Agustus 2006. Pelatihan yang melibatkan kelompok perempuan dan generasi muda Depok diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik  mengenai pengelolaan lingkungan. Memiliki salah satu keahlian atau kemampuan dalam pengelolaan lingkungan dalam pengelolaan lingkungan seperti composting dan daur ulang diharapkan dapat mendorong kepedulian yang lebih kuat terhadap lingkungan kota Depok. Pemerintah Kota Depok sangat berharap melalui pemberdayaan warga kota, maka predikat kota terkotor tidak disandang lagi pada tahun berikutnya.

Pelatihan ini difasilitasi oleh Pemerintah Kota Depok dan Kementrian Lingkungan Hidup dengan fasilitator dan narasumber dari staf Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan sebagai bagian dari proses pembelajaran bersama masyarakat kota dalam prinsip-prinsip 3 R.  Pelatihan ini tidak saja mengedepankan teknik komposting dan daur ulang tetapi adalah langkah-langkah kecil dalam 3 R yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu reduce dan reuse. Apabila langkah-langkah kecil ini diterapkan oleh semua lapisan masyarakat kota Depok maka bukan tidak mungkin Depok akan menjadi kota yang lebih bersih dan bernuansa hijau dan asri.

Masyarakat kota sebetulnya sangat merespon gerakan seperti ini tetapi memang dihadapi oleh banyaknya kendala baik dari pendanaan, keterbatasan  ruang dan yang terpenting adalah akses informasi dan partisipasi yang masih belum merata. Berbagai teknik komposting dan daur ulang hanyalah jendela wawasan untuk peserta dapat lebih memahami lingkungan secara lebih holistik ditambah dengan berbagai permainan yang menggambarkan konstelasi persoalan lingkungan saat ini.

Pelatihan hari kedua yang melibatkan pelajar juga membahas lagu Big Yellow Taxi dari Counting Crows yang diharapkan menjadikan pemahaman lingkungan tidak saja pada beberapa pelajaran tertentu tetapi semua aspek mata pelajaran yang ada.  Tiap bait lirik dibahas dalam berbagai bidang mata pelajaran baik dari bahasa inggris, sastra, biologi bahkan kimia dan geografi. Dalam kesempatan ini inisiatif yang muncul dari pelajar adalah membentuk semacam klub lingkungan sekota Depok atau sahabat kota Depok.

Keterangan lebih lanjut hubungi

Asdep Masyarakat Perkotaan
Telp/fax.: 021 85911211
praszt@menlh.go.id