KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Siaran Pers

Jakarta, 7 September 2004 – Pada hari ini Menteri Negara Lingkungan Hidup, Nabiel Makarim, meluncurkan buku An Introduction to Sustainability Reporting for Organisations in Indonesia dan membuka lokakarya mengenai Environmental Reporting: A Strategic Issue for Business.

Environmental Reporting adalah sebuah istilah yang biasanya digunakan oleh suatu institusi atau organisasi untuk mengungkapkan data yang berhubungan dengan lingkungan, disahkan (diaudit) atau tidak, mengenai resiko lingkungan, dampak lingkungan, kebijakan, strategi, target, biaya, pertanggungjawaban atau environmental performance kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap informasi dengan tujuan meningkatkan nilai hubungan dengan institusi atau organisasi yang memberi laporan melalui laporan tahunan, a stand-alone corporate environmental statement (pernyataan mengenai pengelolaan lingkungan) atau dalam bentuk newsletter, video, CD-ROM, website.

Buku yang diterbitkan oleh ACCA ini berisi mengenai prinsip-prinsip dan tata cara penyusunan Environmental Reporting dalam bentuk yang lebih komprehensif yaitu Sustainability Reporting sehingga pengungkapan informasi lingkungan oleh perusahaan dapat dilakukan secara tepat.

Pengungkapan informasi lingkungan secara sukarela yang dilakukan oleh perusahaan sangat berperan dalam mendukung program-program pengelolaan lingkungan seperti PROPER, penegakan hukum, AMDAL dan Sistem Manajemen Lingkungan.

Kegiatan bersama antara KLH, ACCA dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) ini merupakan sinergi untuk mendorong pengungkapan informasi lingkungan oleh perusahaan baik menyangkut kepedulian perusahaan, potensi liability dan risk yang dapat ditimbulkan oleh kegiatan perusahaan maupun upaya-upaya yang telah dilakukan.

Lokakarya yang difasilitasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup ini diselenggarakan oleh Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) dan merupakan kelanjutan dari Seminar The Implication of the Corporate Social Responsibility: A Debate for CFOs, Public Reporting and Financial Institutions, yang diadakan pada 25 Mei 2004 lalu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai peluncuran buku An Introduction to Sustainability Reporting for Organisations in Indonesia dan lokakarya mengenai Environmental Reporting: A Strategic Issue for Business, silakan menghubungi:
Emma Rachmawaty
Asisten Deputi Urusan Pengembangan Kapasitas
Kelembagaan Penunjang Lingkungan Hidup
T/F. (021) 8517161
e-mail : e_rachmawaty@hotmail.com
ASDEP.3-I-KLH@menlh.go.id