KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan (APPB), Cikarang, 29 April 2006. "If u would like to change the world, u have to start from yourself", demikian disampaikan Ibu Martha Tilaar dihadapan anggota Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan (APPB). Dalam rangka memperingati ulangtahun ke 2 APPB yang jatuh pada setiap tanggal 28 April, kelompok ini menyelenggarakan Sosialisasi Penanaman dan Pemanfaatan Tanaman Obat di Kampoeng Djamoe Organic – Martha Tilaar di kawasan industri Cikarang, Jawa Barat. Sekitar 120 orang anggota APPB yang merupakan pengurus dari berbagai organisasi perempuan seperti KOWANI, Dharma Wanita Pusat, BMOIWI, Martha Tiahahu dan lain-lain, berkesempatan melihat dari dekat lokasi penanaman tanaman organik serta mendapat penjelasan ringkas mengenai manfaat berbagai tanaman obat serta tata cara meramunya menjadi obat. Peserta juga diberi kesempatan untuk memilih tanaman obat yang tersedia dan bersama-sama menanamnya di lahan tersebut.

Erna Witoelar (istri dari Menteri Negara Lingkungan Hidup – red), selaku Pelindung APPB mengucapkan selamat ulang tahun kepada APPB dan memulai acara pemotongan tumpeng yang tersedia. Dalam sambutannya, beliau menyatakan pentingnya keberadaan jaringan kelompok perempuan mengingat keterlibatan perempuan yang sangat strategi dalam pengelolaan lingkungan. dr. Dr. Nila F. Moeloek sebagai salah satu ketua APPB menyatakan perlunya kelompok perempuan untuk terus menerus mengangkat isu lingkungan ke semua pihak demi tercapainya pembangunan berkelanjutan. Ucapan selamat disampaikan juga oleh tuan rumah, Dr. Martha Tilaar, yang pada kesempatan itu menyampaikan Keprihatinannya yang mendalam akan kondisi lingkungan yang semakin memburuk. Untuk itu, beliau menggagas berbagai upaya penghijauan di lahan pribadinya di kawasan industri Cikarang sebagai pengembangan indigeneous science yang mengarah kepada pertanian organik dan tanaman obat. Hadir mewakili Kementerian Lingkungan Hidup, Ibu Ir. Utami Handayani, Msi, selaku Asdep urusan Keanekaragaman Hayati serta Ibu Murniati, SH dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan yang sangat menyambut baik keberadaan APPB.

Dalam usianya yang kedua ini, APPB masih perlu melaksanakan sosialisasi yang berhubungan dengan Pembangunan Berkelanjutan dan menguatkan kapasitas anggota serta mitra kerja pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Melalui misinya APPB berusaha untuk membangun kesadaran (awareness), meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan (knowledge and skill), membentuk sikap dan perilaku (attitude), memotivasi dan mendorong pelaksanaan aksi nyata (practice and action). Sehubungan itu dilakukan berbagai kegiatan pembelajaran praktis dengan melihat contoh nyata keberhasilan perempuan dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan.

Untuk informasi lebih lanjut:
Asdep urusan Partisipasi Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Tel: 021-85904919, fax: 021-8580087, email: sinta@menlh.go.id