KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

PT. Balikpapan Environmental Services (PT. BES) merupakan salah satu perusahaan pengelolaan limbah industri, merencanakan akan membangun fasilitas pengelolaan limbah, yang terletak di Tanjung Batu, Kelurahan Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat. Adapun kegiatan inti pengelolaan limbah akan dilakukan pada lahan seluas 13,3 Ha, yang meliputi: pengelolaan limbah padat seluas 2,83 Ha, dan limbah cair seluas 0,77 Ha, dengan daerah penyangga seluas 7,85 Ha. Pengelolaan limbah ini akan menggunakan teknologi Biotreatment dan Filtration, digunakan kembali (reuse/recycle), pemisahan untuk digunakan kembali (renover), dikelola atau dibuang (treat/dispose). Rekayasa teknis dilaksanakan pada akhir 2004, pembangunan fisik pada awal 2005 dan dioperasikan pada tahun 2006.

Sisa proses produksi yang potensial menimbulkan dampak negative terhadap lingkungan akan dikelola sebagian dengan menggunakan Incinerator di lokasi kegiatan dan sebagian lagi akan ditampung ke tempat penampungan sementara limbah B3 di Areal Tanjung Batu Kariangau sebelum dibawa ke tempat pengolahan B3 di PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) Cileungsi, Bogor.

Keuntungan yang akan didapat dengan dibangunnya fasilitas Pengelolaan Limbah, akan menurunkan tingkat kerusakan kualitas lingkungan, bahkan akan memberikan kesempatan untuk melakukan rehabilitasi lingkungan karena limbah yang sebelumnya dikelola secara tersendiri, dapat terpusat di sesuatu tempat dengan pengelolaan yang baik dan benar. Selain itu, akan memberikan lapangan kerja pada masyarakat setempat. Sedangkan dampak negatifnya terutama debu, bau dan kebisingan yang dieleminir dengan membangun zona penyangga, agar masyarakat yang terkena dampak langsung menjadi lebih kecil, termasuk audit lingkungan yang akan dilakukan oleh auditor local maupun internasional.

Sesuai dengan Keputusan Kepala BAPEDAL Nomor 08 Tahun 2000 Tentang Keterlibatan Masyarakat dan Keterbukaan Informasi Dalam Proses Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), terhitung sejak hari ini, PT. Balikpapan Environmental Services mengumumkan rencana kegiatan tersebut dan mengharapkan saran, pendapat dan tanggapan dari masyarakat sebagai bahan kajian dan telaah dalam proses penyusunan studi AMDAL lebih lanjut.

SARAN, MASUKAN DAN TANGGAPAN, disampaikan kepada :

Deputi Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan
Sumber Institusi kantor Kementrian Lingkungan Hidup
Jl. D.I Panjaitan Kav. 24 – Kebon Nanas, Jakarta Timur
Telp : 021 – 85904925
Fax : 021 – 85906168
e-mail : amdal@menlh.go.id
BAPEDALDA Kota Balikpapan
Jl. Jend Sudirman No. 1 Balikpapan – Kaltim
Telp : (0542) 423852, 421560,
Fax : (0542) 733711

PT. Balikpapan Environmental Services
Jl. Mulawarman RT. 23 No. 12 Balikpapan 76115, Kaltim
Telp : (0542) 743663
Fax : (0542) 743636
e-mail : bes@pt-bes.com

Apabila memerlukan Informasi lebih lanjut, dapat langsung menghubungi PT. Balikpapan Environmental Services dengan alamat seperti tercantum diatas.

Batas waktu penyampaian saran, pendapat dan tanggapan adalah 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung sejak tanggal pengumuman ini, atau sampai dengan tanggal 5 Juni 2004.