KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

PEMBENTUKAN KADER LH DI KOTA PADANGPANJANG DAN PENINGKATAN KAPASITAS KADER LH KABUPATEN DHARMASRAYA, SUMBAR

KaderDharmasraya.JPGKondisi sumber daya alam (SDA) Sumatera Barat (Sumbar) yang semula terpelihara dengan baik, saat ini mulai mengalami kerusakan dan pencemaran akibat prilaku masyarakat yang tidak ramah lingkungan, seperti penebangan liar, pembakaran hutan, dan penambangan emas tanpa izin, serta pertanian yang menggunakan pupuk kimia dan pestisida. Untuk itu perlu memperdalam pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya upaya pemyelamatan lingkungan hidup, sehingga mendorong perubahan prilaku mereka untuk lebih peduli pada lingkungan.

Berdasarkan hal tersebut di atas, Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan, Kementerian Negara LIngkungan Hidup bekerja sama dengan Bapedaldan Provinsi Sumbar dan Kantor Lingkungan Hidup Kota Padangpanjang pada tanggal 14 – 15 Juni 2008 melakukan Seminar dan Pelatihan Kader LH bagi Ulama/Mubaligh dan Tokoh Masyarakat. Kegiatan ini bertempat di Aula Kantor Balai Kota Padangpangjang, yang diikuti oleh 40 orang ulama dan tokoh masyarakat. Acara pembukaan dihadiri oleh Walikota Padangpanjang, Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan, Kepala Bapedalda Provinsi Sumatera Barat, serta jajaran dinas terkait.

Pada kesempatan tersebut KLH dan Bapedalda Provinsi Sumatera Barat memberikan sertifikat kepada 40 orang kader dan memberikan bantuan stimulan bibit sebanyak  2.165 pohon, yang terdiri atas Coklat, Duren, Dadap Jepang (Roda), Bunga Tanjung, Alpukat. Pohon tersebut ditanam di sepanjang jalan Kota Padangpanjang, lahan kritis masyarakat, dan dibagikan kepada kader LH.

Sedangkan kegiatan di Kabupaten Dharmasraya dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2008, bertempat di ruang pertemuan Hotel Umega Dharmasraya. Kegiatan ini dihadiri Kepala Bidang Masyarakat Petani dan Nelayan, KLH, Kepala Bapedalda Kabupaten Dharmasraya, perwakilan dari Bapedalda Provinsi Sumbar. Kegiatan diikuti oleh perwakilan dari 21 nagari dan 4 kecamatan se Kabupaten Dharmasraya, yang terdiri atas pemerintah nagari, alim ulama, niniak mamak, pemuda, dan bundo kanduang, sebanyak 105 orang kader.

Kegiatan di daerah ini dimaksudkan untuk memperdalam pengetahuan kader LH tentang pemanasan global dan dampak yang ditimbulkan bagi kelangsungan hidup, sehingga akan dapat merubah prilaku dalam mengelola lingkungan. Dengan pengetahuan yang didapat para kader diharakan akan mampu melakukan pembinaan kepada masyarakat sekitarnya untuk mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan LH. Para kader LH tersebut juga akan melakukan patroli dan pengawasan terhadap aktivitas penebangan liar dan pembakaran hutan, yang pada masing-masing nagari telah memiliki pos pengawasan lingkungan

Pada kesempatan tersebut KLH mengukuhkan kader LH, serta memberikan sertifikat dan bibit pohon secara simbolis. Bibit pohon merupakan bantuan stimulan yang diberikan oleh KLH dan Bapedalda Provinsi Sumatera Barat, sebanyak 1.000 batang, yang terdiri atas pohon Durian, Pinang, dan Coklat. Pohon tersebut ditanam di sepanjang irigasi Batang Hari yang terletak di Kenagarian Sungai Dareh (sepanjang + 300 meter) dan dibagikan kepada 21 nagari yang terdapat di Kabupaten Dharmasraya. 

Informasi lebih lanjut hubungi:
Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan
Gedung B Lt. 5 KLH