Kementerian Lingkungan Hidup

Republik Indonesia

Surabaya, 4 Agustus 2005

Aku kuat. Aku tak terkalahkan. Aku seorang perempuan

Filisofi utamaku
Ikuti selalu yang menjadi semangatmu
Itu akan membuat dirimu merasa cantik
Pintar
Kuat
Sehingga untuk dapat melakukan apa saja

Itu sebagian dari kalimat motivasi yang diucapkan para peserta pelatihan pemanfaatan eceng gondok di Lembaga Pendidikan Terapan Masyarakat Griya Eceng Gondok pimpinan Julita Joylita, penerima anugrah Kalpataru 2004 pada acara pembukaan pelatihan sekaligus pembentukan Kader Lingkungan, Taman Bacaan, Pembentukan Bank Pohon dan pelantikan Klub Hijau Biru.

Dengan menyerahkan sebatang pohon, sekitar 80 peserta dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan sekitarnya akan diberi pelatihan sekitar 3 bulan tanpa ditarik biaya sepeserpun. Sistem pelatihan ini adalah seperti MLM (Multi Level Marketing), di mana para peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai kelompok masyarakat (penyantun anak jalanan, remaja putus sekolah, kaum ibu dari golongan menengah ke bawah dll) dapat menularkan ketrampilannya kepada orang lain.

Pohon-pohon sumbangan para peserta ini, adalah embrio dari Bank Pohon yang masih akan dikembangkan lagi. Sedangkan Taman Bacaan yang merupakan bagian dari Pusat Informasi Lingkungan Hidup akan segera diimplementasikan.

Kegiatan ini selain telah membantu mengelola lingkungan juga memberikan manfaat ekonomi, sehingga menimbulkan rasa percaya diri dan berdaya kepada para peserta pelatihan. Beberapa bulan yang lalu Kementerian Lingkungan Hidup memfasilitasi 3 (tiga) orang penyandang cacat yang tergabung dalam KAPCI (Komite Advokasi Penyandang Cacat Indonesia). Dalam beberapa kesempatan, kegiatan ini telah mengurangi kekerasan dalam rumah tangga kepada kaum ibu yang rasa percaya dirinya bangkit setelah mengikuti peltihan ini. Namun demikian pelatihan ini terbuka bagi siapapun, tidak hanya dikhususkan bagi kaum perempuan.

Hadir dalam acara tersebut Ir Bambang Widyantoro, Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, Camat Karang Pilang dan Lurah Kebraon. Setelah penyampaian materi pembekalan dari Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan dan Camat Karang Pilang, kemudian dilakukan diskusi seputar masalah lingkungan, pemasaran produk, dan Bank Pohon. Kemudian para peserta menyanyikan Mars Eceng Gondok dan menyerahkan pohon secara simbolis kepada Asdep Urs. Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, terakhir dilakukan penyematan pin Warga Madani, kepada representasi kader lingkungan. (srs)

…….
Tegakkan selalu kepalamu
Pandanglah dunia tegak lurus.
Buatlah pusat kehidupan di dalam diri sendiri
Tidak dengan sikap egois dan eksklusif
Tapi dengan ketulusan hati………

Informasi lebih lanjut, hubungi :
Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, KLH
Gedung B lantai 5
Telp/fax : 858 0087/85911211
Atau : srs@menlh.go.id