KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

seminar_semarang.jpgSemarang, 22 Juni 2006. Kegiatan pembekalan bagi masyarakat perkotaan sebagai bagian program Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan yang akan dilaksanakan di 13 (tiga belas) kota, kali ini dilaksanakan di Semarang. Berbeda dengan yang telah dilaksanakan di Makassar dan Jakarta Timur di mana peserta pembekalan adalah dari berbagai stakeholder di permukiman tersebut, di Semarang audience lebih difokuskan kepada ibu-ibu PKK dari kelurahan Kalipancur, Sampangan, dan Jomblang.

Penetapan PKK sebagai ujung tombak program pemberdayaan masayarakat Semarang dalam lingkungan hidup, tentunya bukan tanpa alasan. Bukan saja karena ibu adalah manajer dalam sebuah rumah tangga, sehingga mempunyai peran penting dalam mengarahkan keluarga untuk berperi laku yang ramah lingkungan; namun juga mendidik seorang ibu sama dengan mendidik keluarga.

Kerja keras pemerintah dan masyarakat Semarang dalam mengelola kebersihan kota tidak usah lagi diragukan. Setiap tahun pemerintah membagikan lebih dari  100.000 bibit pohon secara cuma-cuma, selain  itu kegiatan “Semarang Menanam