KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

grobogan.jpgPada tanggal 28 Agustus  2008, Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayan Masyarakat Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang diwakili Kepala Bidang Masyarakat Tradisional dan Adat, Asdep 4/VI, menyerahkan kebun bibit desa berbasis masyarakat di Dusun Sepreh Desa Tanjungsari,  seluas 0,5 ha kepada  Kelompok Kader Lingkungan Hidup (LH) Hulu Jratun Seluna Pegunungan Kapur Utara di Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan.  

Persemaian kebun bibit ini, dibuat sejak  awal bulan Juni 2008. Dalam perkembangannya kedepan  diharapkan dapat menjadi sentra pembibitan pohon berkualitas, baik tanaman kehutanan maupun tanaman  MPTS dan  mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat  serta daerah sekitar akan bibit pohon dalam upaya penghijauan lahan kritis masyarakat di hulu DAS Jratun Seluna khususnya Kabupaten Gronogan dalam antisipasi banjir dan tanah longsor.

Dalam kurun waktu 4 (empat) bulan setelah persemaian diharapkan kebun bibit ini  mampu memproduksi 20.000 bibit pohon tanaman kehutanan yang mempunyai nilai konservasi dan ekonomi tinggi seperti Albasia (Sengon) dan Jati,  rencana akan  ditanam pada lahan kritis masyarakat di Kecamatan Ngaringan.

Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Masyarakat Tradisional dan Adat  mengukuhkan 100 orang kader LH masyarakat tradisional dan adat Hulu DAS Jratun Seluna Pegunungan Kapur Utara, Kecamatan Ngaringan yang merupakan perwakilan dari beberapa desa antara lain: desa Tanjungharjo, Depok, Sendangharjo, Tegalrejo, Tambakselo, Penganten dan Dorosemi.  Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan praktek tentang  konservasi tanah dan air melalui pembuatan Biopori oleh Asdep Urusan Pengendalian Kerusakan Sungai dan Danau Deputi III KNLH, budidaya tanaman semusim,  buah-buahan dll.  Keberhasilan dari program pemberdayaan masyarakat yang telah di sinkronisasikan dengan dinas terkait dan Perum Perhutani pada tahun 2007 lalu telah menghasilkan antara lain: Jaringan kader LH sebanyak 41 kelompok termasuk kelompok LMDH  mendapat bantuan pembibitan pohon jati.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Solidaritas Masyarakat Untuk Penyelamatan Hutan dan Lingkungan (SUPHEL) dan peran aktif masyarakat yang didukung Pemda setempat dan dinas terkait seperti  Dinas Kehutanan dan LH, Dinas Pertanian, Pemda Kabupaten Grobogan, Perhutani KPH Purwodadi, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama. Kegiatan ini dimeriahkan Drum Band SMP Ngaringan Tanjungharjo Manunggal.

Sumber :
Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan.
Telpon/Fax: 021-8580087