KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Tanggal 15 – 16 Agustus 2006, Deputi VI Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat (Asdep Urusan Masyarakat Pedesaan) bekerjasama dengan Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat pedesaan di Hulu DAS Citarum, Kabupaten Bandung yang diawali dengan  temu stakeholders dan diahiri dengan pengukuhan kader LH serta pembuatan percontohan persemaian tanaman dan pembibitan pohon berbasis masyarakat, baik tanaman kehutanan maupun tanaman MPTs.

hulu.jpgTemu stakeholders diselenggarakan di GOR Desa Margamukti, Kecamatan Pengalengan Kabupaten Bandung. Hadir dalam pertemuan  antaralain Deputi VI KLH,  sesepuh Tatar Sunda Bp. Solihin GP,  BPLHD Jawa Barat, GPP Jawa Barat (Gabungan Pengusaha Perkebunan), Dinas terkait Pemda Kabupaten Bandung, LSM, Tokoh Masyarakat, Camat Pangalengan dan Tokoh Agama.  Pertemuan ini dimaksudkan untuk memetakan permasalahan lingkungan hidup dan keberhasilan pengelolaan lingkungan hidup di Hulu DAS Citarum, disamping mensinkronisasikan  program kegiatan pemberdayaan masyarakat pedesaan di Hulu DAS Citarum dalam pengelolaan SDA ramah lingkungan dan pelestarian LH yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pembuatan persemaian tanaman dan pembibitan pohon berbasis masyarakat, diadakan di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini sebagai langkah awal dari pembuatan desa percontohan WANATANI di Hulu DAS Citarum. Diharapkan kebun bibit ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat akan bibit pohon dalam upaya rehabilitasi lahan pertanian kritis milik masyarakat.

Pada kesempatan ini Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan yang diwakili oleh Kepala Bidang Masyarakat Tradisional dan Adat, mengkukuhkan 100 kader petani peduli lingkungan hidup. Diharapkan kader-kader peduli  lingkungan hidup ini,  mampu mendorong dan menggerakkan peran aktif masyarakat Hulu DAS Citarum khususnya masyarakat di Kecamatan Pangalengan untuk senantiasa melakukan kegiatan pelestarian LH  dan rehabilitasi lahan pertanian kritis.

Informasi lebih lanjut:
Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan
Deputi Bidang Komunikasi Lingklungan dan Pemberdayaan Masyarakat
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Telp. 021-8580087/8520392