KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA


pohon2.jpgPada tanggal 27 Desember 2006, bersama Mahasiswa Pencinta Kelestaraian Alam (MAHAPEKA) STAIN Cirebon dan masyarakat sebanyak 75 orang, dilakukan gerakan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan di Desa Situ Patok, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan yang melibatkan kalangan mahasiswa dan masyarakat ini, dimaksudkan untuk membangun motivasi masyarakat yang lebih luas lagi, terutama masyarakat yang berdomisili di sekitar kawasan untuk melakukan pengelolaan lingkungan hidup, khususnya penyelamatan dan konservasi sumberdaya air. Gerakan ini dilakukan mengingat kawasan Situ Patok merupakan daerah resapan air bagi Kabupaten Cirebon dan sekitarnya, di mana persoalan utama yang terjadi pada kawasan ini adalah ketersediaan sumberdaya air yang selalu mengalami devisit, bahkan dalam kondisi yang mengkhawatirkan terutama pada saat musim kemarau.

pohon1.jpgKegiatan yang dilakukan melalui penanaman pohon multifungsi sebanyak 2.000 pohon disekitar kawasan situ, dilakukan selain bermitra dengan kalangan akademik, juga bermitra bersama Dinas Pengairan Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini juga merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah dilakukan pada tanggal 15 Nopember 2006 lalu, dan merupakan komitmen besama untuk terus melakukan gerakan yang dapat mendorong kesadaran kolektif masyarakat dalam upaya pembelaan terhadap lingkungan, termasuk para pihak yang berkepentingan dalam pemanfaatan sumberdaya air yang berasal dari Situ Patok.

Sebagai penataan pengelolaan kawasan yang telah dilakukan gerakan, Dinas Pengairan setempat akan melakukan pengawasan bersama masyarakat sekitar, termasuk pemeliharaan tanaman. Sedangkan kalangan mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk terus membangun motivasi masyarakat dan juga monitoring secara berkala.

Sumber:

Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan
Masyarakat Pedesaan
Deputi MENLH Bidang Komunikasi Lingkungan
Dan Pemberdayaan Masyarakat
Telp. (021) 8520392
Fax. (021) 8580087