KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (Tradisional Dan Adat) Dalam Penanggulangan Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Kabupaten Rokan Hilir, Riau

bagansiapi_api.jpgPada tanggal 23 Agustus 2007, bertempat di Aula Gedung Serbaguna Rokan Hilir, Bagansiapi-api diselenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat pedesaan (tradisional dan adat) dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan melalui Pelatihan Kader Pedesaan Peduli LH dan Pembuatan Kebun Bibit Berbasis Keswadayaan Masyarakat.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Aliansi Masyarakat Adat Riau. 

Maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah menindaklanjuti kegiatan Fasilitasi Peran Masyarakat Pedesaan (Tradisional dan Adat) dalam Penanggulangan kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Rokan Hilir, Riau tahun 2006 yang lalu, dimana waktu itu telah dilakukan kampanye lingkungan hidup melalui  RRI Pekanbaru,  dialog interaktif dan pengukuhan kader LH sebanyak 309 kader peduli lingkungan hidup.

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kapasitas kader pedesaan (tradisional dan adat) di kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Diharapkan sumberdaya manusia  (SDM) kader LH dapat ditingkatkan melalui pelatihan pengelolaan sumberdaya alam ramah lingkungan dan pembuatan kebun bibit berbasis swadaya masyarakat. Serta melalui penguatan dan pembentukan forum komunikasi kader pedesaan (tradisional dan adat) peduli LH diharapkan kelembagaannya dapat menguat, sehingga mempunyai posisi tawar  yang kuat dalam penyampaian aspirasi masyarakat disekitarnya. Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang kader peduli LH yang merupakan perwakilan dari komunitas adat di 6 Kecamatan  Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

bagansiapi_api_2.jpgPembuatan kebun bibit berbasis swadaya masyarakat yang berada di Desa Langgadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang ini, setelah 5 bulan diharapkan mampu memproduksi bibit siap tanam, dengan jenis tanaman kehutanan dan buah-buahan yang mempunyai nilai konservasi dan ekonomi seperti Durian, Mangga, Nangka, Petai, Mahoni, Karet dan Meranti.

Kebun bibit ini diharapkan dapat menjadi sentra  pembibitan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Rokan Hilir, akan bibit pohon yang berkualitas.

Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan ini dihadiri oleh Bapedalda Rokan Hilir, Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian dan tokoh masyarakat  adat setempat. Dan pada kesempatan ini Deputi MENLH Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat yang diwakili oleh Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan memberikan sambutan dan dilanjutkan dengan pengukuhan Forum Komunikasi Kader Pedesaan (Tradisional dan Adat) Peduli Lingkungan Hidup.

Dalam sambutannya Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan menyatakan bahwa kemampuan para kader dalam pembibitan pohon merupakan salah satu modal penting untuk memotivasi/mengajak/mendorong/menggerakkan peran serta aktif masyarakat dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Sumber:
Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Gedung B Lantai 5

Jl. DI. Panjaitan Kebon Nanas
Jakarta Timur 13410
Telp. 8520392/ Fax. 8580087
sri_sugih@yahoo.com