KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sumbawa Besar, 2-3 Mei 2005. Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahfud Ahmad, menyatakan apresiasinya kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Yayasan Karisma Pertiwi Indonesia (YKPI) atas terlaksananya pertemuan yang membahas Pemberdayaan Masyarakat Peduli Lingkungan melalui Pemanfaatan Budidaya Tanaman Obat. Sebanyak 40 kader lingkungan perwakilan dari lima kabupaten di Pulau Sumbawa, NTB secara aktif mengikuti pertemuan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pelestarian lingkungan demi tercapainya lingkungan dan kehidupan yang sehat.

Tingginya tingkat kematian ibu dan anak di NTB, tingginya biaya pemeliharaan kesehatan yang tidak sebanding dengan pendapatan penduduk yang sangat rendah, serta faktor sosial budaya perempuan yang multi peran menjadi isu-isu penting yang diangkat dalam pertemuan ini. Oleh sebab itu, materi yang disampaikan dalam pertemuan ini bukan hanya materi mengenai masalah lingkungan hidup di perkotaan dan upaya penanggulangannya, tetapi juga materi mengenai pentingnya budi daya tanaman obat sebagai salah satu upaya pelestarian lingkungan serta upaya pengobatan alternatif melalui akupresure atau pijat refleksi.

Sebagai provinsi termiskin ke 32 dari 34 provinsi di Indonesia, masyarakat di Nusa Tenggara Barat masih memerlukan banyak informasi mengenai upaya pelestarian lingkungan yang sangat berhubungan dengan masalah sosial, ekonomi serta kesehatan sebagai modal dasar pengembangan SDM. YKPI pimpinan Ibu Hindun merupakan lembaga masyarakat yang bergerak di bidang Pengembangan Sumber Daya Perempuan di bidang lingkungan hidup, kesehatan dan tanaman obat. Prakarsa yang ditunjukan oleh YKPI merupakan refleksi dari inisiatif lokal dalam upaya pelestarian lingkungan di daerahnya yang menjadi model bagi pemberdayaan masyarakat yang selaras dengan kegiatan Program Warga Madani – Kementerian Lingkungan Hidup (sss).

Informasi lebih lanjut:
Asdep urusan Masyarakat Perkotaan
Kementerian Lingkungan Hidup
Ph/fax: 021-85911211
Email : sinta@menlh.go.id