KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

bengkulu.jpgTanggal 27-28 Desember 2006, Kementerian Negara Lingkungan Hidup menyelenggarakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Tradisional dan Adat di Kabupaten Kepahiaang, Bengkulu. Kegiatan ini, diawali dengan kegiatan temu stakeholders terkait dan diahiri dengan rangkaian kegiatan sarasehan pemberdayaan masyarakat tradisional dan adat Kabupaten Kepahiang, Bengkulu dalam pengelolaan SDA ramah lingkungan dan pelestarian lingkungan hidup, yang mencakup kegiatan pengkaderan LH, pengukuhan forum komunikasi kader lingkungan dan dialog interaktif.  Peserta kegiatan ini adalah masyarakat adat Kepahiang yang bermukim di hulu DAS Kemumu dan Langkat.

Tujuan diselenggarakannya  kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tradisional dan adat di Kabupaten Kepahiang terhadap pemgelolaan SDA ramah lingkungan dan pelestarian lingkungan hidup, di samping  meningkatkan kuantitas kader adat peduli LH.

Kegiatan ini dibuka oleh wakil Bupati Kepahiang  Abassri, BA dan pada  acara pembukaan hadir Dinas Kehutanan, Bapedalda Kepahiaang dan tokoh masyarakat adat Kepahiang. Dalam sambutannya Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat KLH yang dibacakan oleh Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan menyatakan bahwa,  permasalahan lingkungan yang terjadi selama ini di Kabupaten Kepahiang sebenarnya merupakan resultante dari berbagai macam factor yang melingkupi kehidupan  masyarakat tradisional dan adat  atau masyarakat yang melakukan pemanfaatan lahan yang didorong untuk mendapatkan hasil maksimal dalam jangka pendek, tanpa memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

Pada acara pengukuhan kader adapt peduli lingkungan hidup dan forum komunikasi kader LH, Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan mengukuhkan 100 orang kader adapt peduli lingkungan hidup hulu DAS Kemumu dan Langkat, serta menyerahkan bantuan bibit pohon sebanyak 2000 kepada para kader dapat untuk ditanam di Hulu DAS Kemumu dan Langkat, Kecamatan Bermani Ilir.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama KLH dengan Aliansi Masyarakat Adat (AMA) Bengkulu yang didukung Pemda Kabupaten Kepahiaang.

Sumber:
Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan,
Kementerian Negara Lingkungan Hidup,
Gedung B Lt.5
Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24, Kebon Nanas
Jakarta Timur, Telp. 021.8520392.