KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 30 Mei 2014. Hari ini Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) 2014 dibuka secara resmi di Jakarta Convention Center, Hall B. Pameran Lingkungan Hidup terbesar yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini merupakan PLI yang ke-18 dan diselenggarakan pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 2014 merupakan salah satu rangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni. Tema utama PLI 2014 yaitu “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim” mengikuti tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia, World Environment Day 2014, yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup PBB, United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu “ Raise Your Voice, Not the Sea Level”. PLI 2014 ini merupakan ajang kampanye lingkungan untuk mempengaruhi perilaku masyarakat untuk sadar akan pentingnya perlindungan ekosistem pesisir dan dampak perubahan iklim dalam rangka ketahanan lingkungan. Kegiatan ini diikuti oleh Instansi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, Perusahaan Swasta Nasional dan Multinasional, Badan dan Organisasi Lingkungan Hidup serta Pemerhati Lingkungan. Selain pameran juga akan diisi dengan berbagai kegiatan seminar, workshop, dan lomba.

Dalam sambutan Menteri Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat yang dibacakan oleh Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial, Kementerian Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat, Willem Rampangilei, mengatakan, “ Melalui Pekan Lingkungan Indonesia Tahun 2014, kami mengajak semua pihak untuk menyatukan langkah, melindungi ekosistem pesisir dari dampak perubahan iklim sehingga tercapai ketahanan lingkungan. Ini adalah tanggung jawab bersama masyarakat Indonesia”.

Sejalan dengan pesatnya kegiatan pembangunan, permasalahan lingkungan hidup dari hari kehari dirasakan semakin kompleks, terutama dampak perubahan iklim yang antara lain menyebabkan peningkatan suhu permukaan bumi yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Hal ini akan berdampak langsung terhadap kondisi pesisir dan laut serta keberadaan sejumlah pulau-pulau kecil yang ada dalam gugusan kepulauan Indonesia. Jika kondisi kemerosotan kualitas lingkungan ini terus menerus terjadi baik di wilayah pesisir atau wilayah lainnya bukan tidak mungkin di masa yang akan datang mempengaruhi “Ketahanan Lingkungan”.

Salah satu ciri bahwa ketahanan lingkungan sudah mulai melemah adalah dengan semakin cepatnya laju kerusakan dan pencemaran lingkungan. Sejalan dengan hal tersebut, dilaksanakan Pekan Lingkungan 2014, yang mempertemukan antara masyarakat, pihak swasta dan pihak pemerintah. Pemerintah menyampaikan program, capaian dan kondisi lingkungan hidup terkini kepada masyarakat, pihak swasta menyampaikan capaian mereka memanfaatkan sumberdaya alam yang berkelanjutan serta masyarakatpun menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan oleh mereka dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pada umumnya dan pengelolaan pesisir khususnya. Dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pelibatan masyarakat dan swasta serta pemerintah menjadi aspek yang penting, pemerintah perlu mengeluarkan program yang pro lingkungan sementara pihak swasta perlu juga menyadari akan pentingnya melindungi sumberdaya dan ekosistem pesisir, serta masyarakat diharapkan melakukan aksi-aksi ramah lingkungan untuk meminimalkan dampak perubahan iklim.

Pekan Lingkungan Indonesia Ke-18 tahun 2014 ini diikuti oleh 312 peserta pameran, yang terdiri:

  1. Instansi Pemerintah Pusat (Kementerian) sebanyak 15 peserta
  2. Pemerintah Daerah (BLH Provinsi) sebanyak 13 peserta
  3. Badan Lingkungan Hidup tingkat Kota sebanyak 38 peserta
  4. Badan Lingkungan Hidup tingkat Kabupaten sebanyak 100 peserta
  5. Dunia Usaha sebanyak 123 peserta
  6. LSM/Asosiasi/lembaga terkait sebanyak 21 peserta
  7. Media sebanyak 2 peserta

Dalam penyelenggaraan PLI 2014 berbagai rangkaian kegiatan akan dilaksanakan berupa :

  1. Lomba Mewarnai Dan Menggambar Kategori TK dan SD kelas 1- 2 (lomba mewarnai) = 150 peserta, Kategori SD kelas 3-6 (lomba menggambar) = 150 peserta
  2. Lomba Insinyur Cilik Kategori SMA : 18 regu (@3 orang), Kategori SMP : 17 regu (@3 orang), Kategori SD : 38 regu (@ 3 orang)
  3. Green Music Festival
  4. Funwalk dilaksanakan tanggal 1 Juni 2014, start dan finish Hall B JCC dengan target peserta 1.000 orang
  5. Seminar Lingkungan yang diselenggarakan pada tanggal 29-30 Mei 2014 dengan 11 judul seminar
  6. EcoDriving Workshop and Rally dengan peserta workshop 100 orang dan peserta rally ditargetkan 50 mobil. Rute : JCC – Kantor KLH
  7. Pameran Foto Lingkungan, terdiri dari 12 Foto bertemakan pesisir dan laut.

Untuk Informasi Lebih Lanjut:
Ir. Ilyas Asaad, MP, MH,
Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat,
Kementerian Lingkungan Hidup,
Tlp/Fax: 021-8580087,