KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

heady_nelly_2.jpgPada tanggal 7 Januari 2009  di Kelurahan Gedong, Kec. Pracimantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah telah dilaksanakan penanaman secara simbolis  oleh Deputi III Bidang Peningkatan Konservasi Sumber Daya Alam dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan. Dalam acara ini juga dihadiri oleh Kepala Pusat Regional Jawa, Asdep. Urusan Pengendalian Kerusakan Hutan dan lahan, Bupati Wonogiri, Wakil dari Badan Lingkungan Hidup Propinsi  Jawa Tengah, undangan lainnya dan diikuti oleh warga masyarakat.

Kegiatan penanaman secara simbolis ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang dilakukan oleh  Kementerian Negara Lingkungan Hidup yakni kegiatan penanaman yang telah dilakukan pada bulan Desember 2008. Lokasi penanaman berada di  Dusun Mendak, Desa Petirsari dan Dusun Pakem Lor, Desa Sumber Agung Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Lokasi penananam bibit berada disekitar telaga karst dan area disekitar gua yang memiliki potensi sumber air yang sudah dimanfaatkan masyarakat disekitarnya yang saat ini potensi sumber air  yang sangat dibutuhkan terutama pada musim kemarau. Jumlah total bibit yang ditanam adalah 7000 batang bibit yang terdiri dari  : bibit jati 1000 batang, mahoni 1000 batang, nangka 1000 batang, mangga 1000 batang, kemiri 1000 batang, mindi 1000 batang, alpukat 500 batang, dan sirsak 500 batang.

heady_nelly.jpgKegiatan penanaman ini bertujuan untuk mewujudkan Pengelolaan Kawasan Karst Gunung Sewu bagi kesejahteraan masyarakat yang berkesinambungan. Kegiatan penanaman dilakukan  dengan mengedepankan