KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

JAKARTA, 28 MEI 2009. Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penaatan, pemnfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, pengendalian lingkungan hidup.

Dalam rangka melaksanakan hal tersebut perlu dilakukan peningkatan SDM dengan melaksanakan Diklat Teknis dan Diklat Fungsional bagi aparat Pemerintahan Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota

Tujuan melaksanakan Diklat adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan sikap untuk melaksanakan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan melaksanakan tugas Pemerintahan dan pembangunan demi terwujudnya Kepemerintahan yang baik.

Melalui Penyelenggaraan Diklat Teknis dan Diklat Fungsional bidang lingkungan hidup dapat mewujudkan Kompetensi Aparatur Pemerintahan Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota dengan tugas dan fungsinya.

Bahwa saat ini Diklat Teknis bidang lingkungan hidup dilaksanakan masih terpusat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Negara Lingkungan HIdup, dan hal ini perlu ditindaklanjuti untuk dilaksanakan di Badan Diklat Departemen Dalam Negeri dan Badan Diklat Provinsi guna memaksimalkan jumlah peserta di daerah.

Diperlukan kerjasama yang sinergis dan terprogram sebagai implementasi dari naskah kerja sama ini.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas diperlukan Naskah Kerja Sama ini sebagai landasan hukum pelaksanaan DIklat-diklat

Sumber:
Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas