KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 26 Agusutus 2004 di Kementerian Lingkungan Hidup, Jakarta telah dilaksanakan acara Penandatangan Dokumen MOU kerjasama di bidang pengelolaan lingkungan hidup antara Kementerian Lingkungan Hidup dan World Neighbors/WN, untuk phase II tahun 2004 s.d 2009. Dari KLH penandatanganan diwakili oleh Sekretaris Menteri Negara Lingkungan Hidup dan WN diwakili oleh Mr. Stefan Wodicka, Direktur WN untuk Asia Tenggara.

WN adalah salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat Internasional Nirlaba dari Amerika. WN mempunyai tujuan utama “ Memperkuat kapasitas masyarakat marginal agar dapat memenuhi kebutuhan dasar dan ikut serta menentukan dan melanjutkan proses pembangunan yang adil dan inklusif�. Sebagai wujud komitmen pengembangan program di Indonesia, khususnya Indonesia Bagian Timur, WN telah membuka Kantor Perwakilan Asia Tenggara di Indonesia. Wilayah kegiatan WN adalah Nusatenggara Barat dan Nusatenggara Timur. Dalam kegiatannya, WN bermitra langsung dengan beberapa LSM/NGO lokal, seperti Yayasan Tananua Sumba di NTT, Yayasan Mitra Tani Mandiri (Cabang Timor Timur Utara dan Ngada) di NTT, Lembaga Koordinasi Pengkajian Pelestarian Pengelolaan Sumberdaya Alam (KOPPESDA) di NTT dan NTB, dll.

Dalam sambutannya, Sekretaris MENLH menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepadan WN atas usahanya selama ini yang telah banyak membantu kegiatan pengelolaan lingkungan hidup, terutama kegiatan konservasi lahan dan pengelolan sumberdaya air di berbagai desa yang tergolong miskin di wilayah NTT dan NTB. Diharapkan untuk phase II ini WN akan lebih intensif bermitra dengan unit kerja Deputi III untuk mengembangkan kegiatan Program Warga Madani yang bertujuan untuk meningkatkan pemberdayakan masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai kerjasama KLH dan WN, silakan hubungi:
1. Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A
Plt. Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri
Telp: 021 – 8580110
Email:Idhewanthi@menlh.go.id
2. Jonny Purba
Kepala Subbidang Pemberdayaan masyarakat,
Deputi III KLH
Telp: 021-8520392
Fax: 021-8580087
E-mail: jonnypurba@yahoo.com