KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup untuk
Memperbaiki Derajat Kesehatan Masyarakat

PalPalembang, 24 Agustus 2007 

mou_palembang.JPGSeruan Aksi Nasional untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat yang dilakukan pada bulan November 2005, tentunya tidak dapat dilepaskan dari aspek lingkungan hidup. Setiap tahun, tercatat sekitar 6,6 juta kematian di Asia diakibatkan oleh hal yang terkait dengan berbagai macam resiko kesehatan lingkungan. Karena tingginya angka tersebut, serta keterbatasan kemampuan dalam penanganan hal tersebut, maka diperlukan peningkatan kerjasama antara institusi kesehatan dan institusi pengelola lingkungan. 

Untuk itulah, maka pada tanggal 24 Agustus 2007, pada saat penyelenggaraan Kongres Nasional X Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia di Palembang, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara  Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), yang diwakili oleh Ir Rachmat Witoelar, Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Dr. Kemal N. Siregar, Ketua Umum IAKMI disaksikan Wakil Gubernur Sumatera Selatan. 

Butir-butir kesepakatan yang tercantum pada Piagam Kerjasama adalah sebagai berikut :

1.     Turut dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan peningkatan derajat kesehatan masyarakat sesuai dengan pelayanan dasar bidang lingkungan hidup yang mendasar dan mutlak untuk melestarikan mutu lingkungan hidup agar kualitas hidup masyarakat terpenuhi secara berkelanjutan

2.    Melakukan penelitian dan pengkajian untuk meningkatkan peran organisasi profesi IAKMI terhadap lingkungan hidup.

3.     Meningkatkan peran IAKMI untuk lebih aktif dalam sosialisasi, fasilitasi dan advokasi berbagai upaya perbaikan Lingkungan Hidup guna mendukung keberhasilan pembangunan baik daerah maupun nasional. 

Dalam kesempatan tersebut Menteri Negara Lingkungan Hidup menyampaikan pidato kunci di hadapan sekitar 400 orang pemangku kepentingan kesehatan masyarakat terdiri dari pemerintah pusat dan daerah, dokter, akademisi, mahasiswa, dan profesional di bidang kesehatan masyarakat.   

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, IAKMI bersama dengan anggota Asia Pacific Academic Consortium for Public Health (APACPH) berinisiatif untuk menyelenggarakan Consultative Meeting on Public Health : Climate Change Impact to Public Health in Asia Pacific and Management Action Plan pada bulan Desember 2007 sebagai parallel event dari Konferensi Internasional mengenai Perubahan Iklim di Bali (srs) "IN" style="FONT-SIZE: 11pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: Arial"> 

Informasi lebih lanjut :

Asdep Urusan Partisipasi Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan
Gd. B lantai 5 Kementerian Negara Lingkungan Hidup  
T/F : 021 – 85904919/8580087
Email : asdep4_3@menlh.go.id