KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Dok. Foto: Bahran, KLH

Jakarta, 1 Februari 2010 bertempat di Kementerian Pendidikan Nasional, dilaksanakan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MOU) antara Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan Nasional yang dilakukan langsung oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta dan Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Ir. Mohammad. Nuh, DEA.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama ini merupakan pelaksanaan Amanah UU No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan LH, terutama pasal 65 ayat 2 bahwa salah satu hak masyarakat adalah mendapatkan pendidikan lingkungan hidup. Penandatanganan ini merupakan pembaharuan dari Kesepakatan terdahulu tentang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup yang ditandatangani pada tahun 2005. Penandatanganan ini merupakan bentuk komitmen yang tinggi, oleh karenanya masuk dalam 100 hari pertama Kabinet Indonesia Bersatu kedua dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan Nasional. Penandatanganan ini merupakan bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan berbangsa yang ramah lingkungan.

“Tujuan utama dari kesepakatan ini adalah  agar Pendidikan Lingkungan Hidup dapat terintegrasi dalam kurikulum pendidikan nasional, sehingga dapat mewujudkan perubahan perilaku peserta didik menjadi ramah lingkungan