KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Siaran Pers

Jakarta, 11 Maret 2004 – Kementerian Lingkungan Hidup dan Multi Distrik 307 Lions Clubs Indonesia menandatangani Piagam Kerjasama (Memorandum of Understanding) dalam melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup sebagai implementasi Program Warga Madani. Penandatanganan Piagam Kerjasama (MoU Signing) dilakukan antara Menteri Negara Lingkungan Hidup, Nabiel Makarim, MPA, MSM, dan Ketua Dewan Gubernur Lions Clubs Indonesia, Drs. Angga Kesumah di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup hari ini.

Kerjasama dengan Lions Clubs Indonesia adalah salah satu bentuk dari kemitraan KLH dengan masyarakat dan sektor swasta di bidang pelestarian lingkungan hidup. “Kerjasama ini merupakan usaha KLH dalam kerangka program Warga Madani untuk mengajak pengusaha mengarusutamakan kepentingan lingkungan hidup dalam pembangunan�, demikian disampaikan Nabiel Makarim dalam sambutannya.

Saat ini KLH sedang mengembangkan Program Bank Pohon di mana peran aktif Lions Clubs Indonesia sangat diharapkan dalam mengajak dunia usaha dan masyarakat berupaya nyata melaksanakan gerakan penanaman pohon di lahan-lahan kritis yang tersebar di wilayah Jawa dan Bali.

Kerjasama yang akan berlangsung selama tiga tahun ini akan melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup yang meliputi:
1. rehabilitasi lahan kritis melalui kemitraan dan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan penyediaan bibit, penanaman, dan pemeliharaan pohon (Bank Pohon);
2. aksi pemulihan kualitas lingkungan bersama masyarakat;
3. sosialisasi dan penyebarluasan informasi lingkungan kepada masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai MoU dengan Lions Clubs Indonesia, silakan menghubungi:

Ir. Tuti Hendrawati Mintarsih, MPPPM.
Asisten Deputi Bidang Urusan Masyarakat Perkotaan
Tel : (021) 8591 1211
Email : thm@menlh.go.id