KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 1 Maret 2004 – Indonesia sedang mengalami perusakan hutan tropis karena illegal logging (pembalakan haram) sebagai penyebab terbesar. Dukungan politik untuk secara tegas mengambil tindakan yang diperlukan dalam mencegah maupun memberantas pembalakan haram ini masih sangat parsial sehingga semakin memperparah keadaan.

Untuk menangani masalah tersebut, Pemerintah Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kerajaan Norwegia menandatangani Letter of Intent (LoI) tentang Cooperation to Improve Forest Law-Making and Law Enforcement to Combat Illegal Logging.

Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Letter of Intent tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Departemen Kehutanan dan didukung oleh Kedutaan Besar Kerajaan Norwegia menyelenggarakan Diskusi Panel “PENANGANAN ILLEGAL LOGGING: Kemauan Politik – Kebijakan – Penegakan Hukum”. Diskusi ini berlangsung di Hotel Millenium, Jakarta petang ini.

Diskusi panel ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dan tanggapan dari berbagai pihak dalam rangka mencari solusi permasalahan pembalakan haram, merumuskan prioritas kegiatan yang perlu dilakukan, dan merumuskan pelibatan para pemangku kepentingan dan masyarakat luas dalam implementasi kerjasama Indonesia dan Norwegia.

Peserta dari diskusi panel ini terdiri dari Pemerintah yang meliputi Kementerian Lingkungan Hidup, Departemen Kehutanan, Departemen Kehakiman, Departemen Pertanian, Departemen Perdagangan dan Industri, Departemen Dalam Negeri, Departemen Luar Negeri, Departemen Kimpraswil, Kejaksaan Agung, TNI dan POLRI, Bakornas PBP dan LAPAN; Pemerintah Daerah Propinsi Kalimantan Barat, Riau, Jambi, Jawa Barat dan DKI Jakarta; Fakultas Kehutanan IPB; sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat; sektor bisnis seperti APHI, APKINDO, BRIK, Perhutani dan Inhutani; dan Lembaga Donor yaitu Kedubes Norwegia/NORAD, DFID, JICA, ILRC-EU, FLB-EU, GTZ, WB dan ITTO.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Diskusi Panel Penanganan Illegal Logging, silakan menghubungi :

Drs. Yanuardi Rasudin
Asisten Deputi Urusan Ekosistem Darat
Telp/Fax : 021-8590 4934
Email : poskodal@menlh.go.id