KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Berastagi, 27 Januari 2004
Menteri Negara Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Peran Masyarakat, Ir. Arie D.D. Djoekardi, MA, mencanangkan Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon di Berastagi, Sumatera Utara, tanggal 27 Januari 2004. Pencanangan gerakan penanaman pohon ini diikuti dengan pengukuhan 500 Kader Lingkungan, Deklarasi Pendirian Yayasan Karoindo Sejahtera (LKS), penyampaian Deklarasi dari perutusan masyarakat Karo dan penyampaian Komitmen Pelestarian Lingkungan dari Yayasan Lestari Karoindo Sejahtera, serta pemberian bibit tanaman secara simbolik dan penanaman 10.000 pohon.

Yayasan Lestari Karoindo Sejahtera merupakan wadah bagi para pencinta lingkungan untuk mewujudkan penanaman satu milyar pohon dalam jangka waktu 5 tahun. Kegiatan penanaman satu milyar pohon merupakan salah satu program Yayasan Lestari Karoindo Sejahtera yang didukung oleh 200 penangkar benih yang tergabung dalam Asosiasi Penangkar Benih Sumatera Utara. Menurut, J Albert Bukit, Ketua Panitia pelaksana yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Sibayak Post, target menanam satu milyar optimis akan tercapai dalam kurun waktu 5 tahun. Jika masing-masing penangkar (lebih 200 orang) dapat menyediakan satu juta bibit per tahun, maka dalam jangka waktu 5 tahun akan terkumpul bibit sebanyak satu milyar pohon.

Selanjutnya, pada hari yang sama, Deputi III MENLH yang didampingi Asdep Urusan Masyarakat Pedesaan Tradisional dan Adat, Subroto Supaeni dan rombongan, melakukan perjalanan ke Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, untuk melakukan penanaman pohon di pinggiran Danau Toba. Perjalanan diakhiri pada kunjungan ke areal pertanian di Kecamatan Tiga Biunanga, Kabupaten Karo. Salah satu objek wisata agro yang dikunjungi adalah perkebunan jeruk milik Yeremias yang menerapkan pertanian organik. Selain menggunakan bibit yang baik, juga menggunakan kompos dan pemeliharaan rumpuh di bawah tegakan jeruk sebagai tempat hama sehingga tidak mengganggu tanaman.***

Informasi tentang kutipan berita diatas:

Asdep Urusan Masyarakat Pedesaan:
Telp: (021) 8520392