KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Banjarnegara, 13 – 14 Maret 2006. Sektretaris menteri Negara lingkungan Hidup bersama-sama Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPN HKTI) Prabowo Subianto, Deputi MENLH LH Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kepala Badan Kordinasi Wilayah II Jawa Tengah, Bupati Banjarnegara, Ketua Penasehat HKTI Jawa tengah, Ketua Dewan Pimpinan Propinsi HKTI Jawa Tengah, Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten HKTI Banjarnegara berserta jajarannya, bertempat di Lapangan Balai Latihan Kerja (BLK) Klampok Banjarnegara, pada tanggal 14 Maret 2006 melakukan acara temu kader dan pencanangan“Gerakan Cinta Tanah, Air, Hutan dan Lingkungan“. Kegiatan ini merupakan aksi nyata sekaligus pelaksanaan MoU pada tanggal 20 Desember 2005 yang lalu antara Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) sebagai mitra strategis membangun kesadaran masyarakat dalam pelestarian fungsi lingkungan.

Acara yang dihadiri 2.500 partisipan dan diantaranya 250 orang kader pemuda tani yang telah mengikuti proses pengkaderan pada hari sebelumnya tanggal 13 Maret 2006, bertujuan untuk menjadikan pemuda tani sebagai motivator dalam menumbuhkan gerakan masyarakat dalam penyelamatan lingkungan, sekaligus merupakan wujud solidaritas sosial.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Sertifikat Tanah kepada para petani dan Kartu Asuransi bagi para penderes gula kelapa oleh Sekretaris Menteri Negara Lingkungan Hidup, penandatanganan MoU pengadaan pupuk dan permodalan antara PEMDA Kabupaten Banjarnegara dan Dunis Usaha, serta penyerahan Piagam Penghargaan Kader Lingkungan atas nama Kementerian Negara lingkungan Hidup dan HKTI oleh Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional HKTI . Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon kehidupan oleh KNLH, HKTI, pejabat daerah dan pemuda tani serta gerakan masyarakat tani dalam penanaman 12.500 pohon pada kawasan rentan bencana Kabupaten Banjarnegara.

Informasi lebih lanjut:
Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan,
Gedung B lantai 5 telp/fax: 021-8580087