KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Temanggung, 19 Maret 2004 – Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) mencanangkan dimulainya Program Bank Pohon di Temanggung, Jawa Tengah hari ini. Pencanangan ditandai dengan penanaman bibit pohon oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup, Nabiel Makarim, MPA, MSM. Program Bank Pohon adalah program penghijauan pada lahan kritis dan perkotaan melalui kemitraan dengan pihak swasta yang dibentuk dan dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Sesuai dengan tujuannya, yaitu menggalang kemitraan dengan pihak swasta (dunia usaha, LSM, organisasi sosial) dan semua pihak yang peduli terhadap lingkungan untuk meningkatkan kegiatan penanaman pohon di seluruh Indonesia secara swadana dan swadaya, Kementerian Lingkungan Hidup pada kegiatan pertama Bank Pohon ini mendapat bantuan dari PT Indah Kiat Pulp and Paper. “Harapan saya, pihak swasta yang lain dapat ikut serta dalam Program Bank Pohon ini sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan hidup�, demikian ujar Menteri Negara Lingkungan Hidup, Nabiel Makarim, MPA, MSM.

Kementerian Lingkungan Hidup menerima sumbangan dari pihak swasta yang kemudian disalurkan ke kabupaten/kota sasaran dan lokasi yang sudah siap untuk melakukan penanaman. Saat ini Kabupaten Temanggung yang siap untuk melakukan rehabilitasi lahan kritis di sekitar kawasan Pegunungan Sindoro – Sumbing (desa Kledung dan Batur Sari). Luas area yang akan direhabilitasi sekitar 100 ha atau 40.000 batang pohon yang akan ditanam bersama-sama dengan masyarakat setempat. Jenis tanaman yang akan ditanam sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan kondisi iklim setempat sehingga dengan demikian timbul rasa memiliki dari masyarakat terhadap pohon-pohon yang ditanam.

Pengawasan kegiatan ini dilakukan langsung oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup, sedangkan pelaksanaannya dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Pemerintah Kota/Kabupaten serta pihak pemberi bantuan. Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan penghijauan di daerah dilakukan oleh Pemerintah Kota/Kabupaten dan dilaporkan kepada Walikota/Bupati untuk kemudian diteruskan ke Kementerian Lingkungan Hidup.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program Bank Pohon, silakan menghubungi:
Ir. Tuti Hendrawati Mintarsih, MPPPM.
Asisten Deputi Bidang Urusan Masyarakat Perkotaan
Tel : (021) 8591 1211
Email : thm@menlh.go.id