KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

PENCANANGAN VISI SEKOLAH HIJAU  DI   AL- MA’MUN EDUCATION CENTER (AMEC) DEPOK JABAR BERSAMA KEMENETRIAN NEGARA LINGKUNGKUNGAN HIDUP


Pencanangan_DEPOK.gifKementerian Negara Lingkungan Hidup cq Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotan pada Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat,  pada hari  Sabtu   tanggal  29 Desember 2007 telah berbuat nyata berupa pemberian bantuan berupa bibit pohon pelindung dan penguat kepada Sekolah Al-Ma’mun Education Center (AMEC) Depok Jawa Barat, dalam rangka Pencanangan Visi Sekolah Hijau (Make Green School for Global Warming) di Halaman Sekolah AMEC, Jl. H. Nawi Malik No. 9 Serua Sawangan, Depok, Jawa Barat . Acara tersebut diawali dengan jalan santai bersama para pendidik dan masyarakat  sekitarnya, dengan menelusuri perkampungan yang masih alami, dengan peserta sekitar 200 orang.

Tujuan Sekolah AMEC dalam Program Sekolah Hijau selain menjadikan sekolah sebagai pelopor dan pendorong partisipasi masyarakat dalam program tanam dan rawat pohon penghijauan di lingkungan masing-masing, juga mentranformasikan nilai-nilai agama terhadap pentingnya lingkungan hidup untuk membudayakan dan berperilaku masyarakat atas keselarasan alam. Di samping itu juga untuk memperkuat komitmen Indonesia sebagai Negara tropis yang memberikan kontribusi sebagai produsen karbon dan pengurangan gas emisi karbon dunia dalam rangka turut mensukseskan Program PBB dalam mengatasi masalah Pemanasan Global.

Setelah acara  jalan santai keluarga/beregu menelusuri areal perkampungan alami selesai, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan pohon secara simbolis dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Kepala Bidang Dunia Usaha dan Pekerja Asdep Masyarakat Perkotaan Deputi VI kepada Sekolah AMEC Depok, Pembubuhan paraf Pencanangan Visi Sekolah Hijau, melakukan penanaman pohon secara simbolis, memberi contoh membuang sampah secara benar pada tempatnya dan pembagian doorprize kepada peserta  jalan santai dengan cara diundi sesuai nomor masing-masing, serta membagi-bagikan bibit pohon kepada sekolah-sekolah yang membutuhkan.

Dalam sambutan Asdep Masyarakat Perkotaan yang dibacakan oleh Ngadijanto, SH. Kabid Dunia Usaha dan Pekerja diantaranya bahwa ide menanam pohon seperti yang dilakukan oleh Sekolah AMEC Depok dalam rangka Program Sekolah Hijau ini, adalah merupakan usaha dan kepedulian yang sangat tepat untuk mengembalikan tingkat kesesuaian antara apa yang sudah diambil dari alam yaitu berupa lahan yang berubah menjadi gedung sekolah dengan apa yang diberikan kembali kepada alam yaitu berupa penanaman pohon. Di samping itu juga turut mendukung suksesnya Program Dunia tentang Perubahan Iklim yang baru saja selesai diselenggarakan di Nusa Dua Bali dari tanggal 3 -14 Desember 2007. 

Selain Kementerian Negara Lingkungan Hidup, acara tersebut juga dihadiri oleh Departemen Kehutanan, BPLHD DKI Jakarta, BPLHD Jawa Barat,   Dinas Pendidikan Kota Depok, APPSI, dengan harapan lingkungan di Jabodetabek semakin hari semakin bagus, mengingat akhir-akhir ini bencana lngkungan seperti banjir dan tanah longsor semakin memprihatinkan.

Sumber:
Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, Deputi VI
Jl. DI Panjaitan Kav 24 Kebon Nanas, Jak-Timur
Telp: 021- 85911211