KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 30 Oktober 2012. Langkah konkrit kerjasama antara Kementerian LIngkungan Hidup (KLH) Republik Indonesia dan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Korea dalam Restorasi Sungai Ciliwung melalui pengendalian pencemaran sumber limbah domestik ditandai dengan kunjungan Duta Besar Korea Selatan, H.E. Young-Sun Kim bersama Deputi Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan,  MR. Karliansyah ke lokasi rencana Pembangunan Instalasi Air Limbah di Mesjid Istiqlal, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

“Proyek Percontohan Restorasi Sungai Ciliwung” ini akan menjadi  landmark bagi upaya pemulihan kualitas air sungai Ciliwung yang menjadi etalase Ibukota Indonesia. Proyek yang terletak di sekitar mesjid Istiqlal ini, mengembangkan konsep Sewage Treatment Plant (STP) berkapasitas + 500 m3/hari dilengkapi pembuatan air mancur yang dapat menjadi objek pariwisata dan centre of education bagi masyarakat. Selain itu dilakukan pula pembangunan trotoar/jalan setapak yang  pada kiri dan kanannya dialiri oleh air hasil olahan STP.

Peletakan batu pertama oleh wakil dari kedua Negara ini, akan menandai dimulainya pelaksanaan Demo Site Restorasi Ciliwung yang akan dilakukan pada bulan Desember 2012. Demo Site ini merupakan wujud konkrit tindak lanjut Program Kerjasama yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani tanggal 13 Desember 2007 di Bali.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

MR. Karliansyah, Deputi Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan
Kementerian Lingkungan Hidup
Telp/fax: 021-85904933
email: deputi2klh@yahoo.com