KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Inisiatif lokal Masyarakat Code terus menggeliat untuk menemukan sebuah bentuk kemitraan dan keberdayaan masyarakat yang harus terus ditumbuhkembangkan. Perkembangan selama ini berbagai forum masyarakat bantaran Sungai Code ini masih belum bisa menjadi prime mover untuk mendorong kebijakan tentang sungai yang lebih ramah lingkungan. Hal ini disebabkan belum adanya mekanisme kerjasama dan kelembagaan yang dapat menaungi komunitas masyarakat dari hulu sampai ke hilir.

Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan bersama Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknik dan Para pemuka masyarakat mengagas bersama tentang forum yang dapat menaungi seluruh masyarakat bantaran Code di Hotel Saphir pada tanggal 11 April 2008. Selama ini masyarakat bantaran sungai diposisikan sebagai obyek penelitian dan obyek pembangunan sehingga hal ini justru makin membuat mereka makin apatis dan menjauh untuk berpartisipasi dalam berbagai program pembangunan.

Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan tentang pembagian tiga wilayah yaitu wilayah Code Utara, Code Tengah dan Code Selatan. Forum yang merepresentasikan masyarakat Code ini masih mempunyai tantangan besar yaitu mengembangkan bentuk kerjasama yang lebih baik terutama di Code Tengah antara masyarakat di sisi Barat Sungai dan yang berada di sisi Timur Sungai. Forum ini akan dipakai untuk mendorong kebijakan-kebijakan pemerintah baik di kabupaten Sleman, Kotamadya Yogyakarta dan Kabupaten Bantul untuk lebih memeprhatikan keseimbangan ekologis dan manusia yang ada di bantaran sungai Code dan mengembangkan perbaikan lingkungan yang berbasis lingkungan sekaligus mendorong peran serta masyarakat lebih aktif dan memiliki “sense of belonging