KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sabtu, 24 September 2005 di Desa Cimanggu Lebak, Kabupaten Sukabumi.SMA Labshool Kebayoran Jakarta mengadakan Trip Observasi bagi siswa kelas-1 dengan tujuan untuk membangkitkan kesadaran siswa tentang kehidupan sebagian masyarakat Indonesia di perdesaan dan desa tertinggal. Bentuk-bentuk kegiatannya antara lain: peduli kehidupan desa, pembangunan MCK dan fasilitas umum, bazaar, penanaman pohon, penjelajahan sekaligus memungut sampah, dan kegiatna penyuluhan.

Dalam kegiatan itu, siswa ditempatkan di desa selama 5 hari untuk hidup secara mandiri sehingga secara langsung mengenal kehidupan desa yang dikunjungi.

Bersamaan dengan itu, Trip Observasi yang berlangsung di desa Cimanggu, Lebak, Sukabumi pada tanggal 22-26 September 2005, Asdep Edukasi dan Komunikasi Lingkungan, Kementerian Negara Lingkungan Hidup mengadakan pengenalan lingkungan melalui kegiatan proses pengolahan sampah organic dengan menggunakan cacing, dan proses pengolahan sampah organic menjadi pupuk organic cair.

Dalam kegiatan bakti sosial, Kementerian Negara Lingkungan Hidup juga diserahkan sejumlah buku yang berisi informasi lingkungan hidup kepada aparat desa, perpustakaan desa dan Pondok Pesantren Husnayain. Selain itu juga diserahkan bibit tanaman obat secara gratis kepada masyarakat untuk ditanam di halaman masing-masing, Jenis tanaman obat yang diberikan antara lain: kumis kucing, mahkota dewa, meniran, tapak dara, ki urat, saga rambat, sambiloto, daun dewa, dan tempuyung.

Informasi:
Asdep Edukom
Kementerian Lingkungan Hidup