KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta 12/06/2006. Setelah melewati beberapa tahap seleksi yang cukup ketat, akhirnya Kementerian Negara Lingkungan Hidup menetapkan 10 sekolah sebagai Model Sekolah Adiwiyata 2006 melalui Keputusan Sekretaris Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor : KEP-22/SES/LH/06/2006 tanggal 6 Juni 2006 tentang Model Sekolah Adiwiyata.

Program Adiwiyata tahun 2006 merupakan tahap ujicoba yang diterapkan pada sekolah-sekolah di pulau Jawa, pada tahap selanjutnya akan diperluas hingga mencakup seluruh Indonesia.

Model Sekolah Adiwiyata Tahun 2006 terdiri dari 4 Sekolah Dasar, 3 Sekolah Menengah Pertama dan 3 Sekolah Menengah Atas. Untuk tingkat Sekolah Dasar, terpilih:
(i) SDN I Ungaran dari Provinsi DI Yogyakarta,
(ii) SD Citra Alam Ciganjur dari Provinsi DKI Jakarta,
(iii) SDN Pakujajar Cipta Bina Mandiri (Sukabumi) dari Provinsi Jawa Barat, dan
(iv) SDN Kampung Dalem I (Tulungagung), Provinsi Jawa Timur.
Untuk tingkat SMP terpilih:
(i) SMPN 2 Ciamis, Provinsi Jawa Barat,
(ii) SMPN 1 Kedamean Gresik, Provinsi Jawa Timur, dan
(iii) SMPN 4 Gresik, Provinsi Jawa Timur

Untuk tingkat SMA terpilih:
(i) SMAN 4 Pandeglang, Provinsi Banten,
(ii) SMAN Mandirancan Kuningan, Provinsi Jawa Barat, dan
(iii) SMAN 1 Gondang-Mojokerto, Provinsi Jawa Timur

Para Kepala Sekolah kesepuluh Model Sekolah Adiwiyata tersebut pada tanggal 12 Juni 2006 diundang ke Istana Negara Republik Indonesia untuk mengikuti Peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional 2006 dan mendapatkan ucapan selamat secara langsung dari Presiden RI. Selanjutnya mereka menerima Piagam Penghargaan yang ditandatangani oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan Nasional yang diserahkan oleh Deputi MENLH Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat (Deputi VI MENLH).
Di dalam pernyataannya, Deputi VI MENLH mengharapkan bahwa pembinaan yang akan dilakukan untuk memenuhi kriteria Adiwiyata dilakukan secara sungguh-sungguh, sehingga kesepuluh sekolah yang telah terpilih sebagai Model Sekolah Adiwiyata, semuanya akan menerima Trophy Adiwiyata pada tahun 2007.

Sumber:
Asdep Edukasi dan Komunikasi
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
E-mail: adiwiyata@menlh.go.id