KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

penghijauan-dalam-rangka-mendukung-green-kampusPada tanggal 31 Agustus 2014, Pusat Pengelolaan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara melaksanakan kegiatan Penghijauan dan Pembuatan Lobang BioporiBekerjasama dengan Universitas Trilogi Jakarta dan Universitas Udayana Bali yang dilakukan di Kampus Universitas Udayana Jl. Jenderal Sudirman Denpasar dan Kampus Universitas Udayana di Jimbaran.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pembantu Rektor III Universitas Udayana, Rektor Universitas Trilogi Jakarta, Bapak Kamir R. Brata (pelopor lubang biopori), Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara beserta staff dan segenap civitas akademik Universitas Udayana dan Universitas Trilogi.

Kepala PPE Bali dan Nusra yang dalam hal ini mewakili Kementerian Lingkungan Hidup didaulat memberikan keynote speech tentang “Peran Perguruan Tinggi dalam Pelestarian lingkungan hidup”.

Dalam sambutannya Kepala PPE Bali Nusra, berbicara mengenai adanya “ideologi baru” yang disebut sebagai Ideologi hijau (lingkungan) dimana sekarang ini telah berkembang menjadi kebutuhan dunia akan gaya hidup yang ramah lingkungan untuk menyikapi perkembangan situasi lingkungan terutama dengan semakin banyaknya bencana akibat perubahan iklim.

Peningkatan gas rumah kaca sebagai akibat dari emisi yang salah satunya berasal dari kendaraan (mobil & motor) yang kita gunakan sehari-hari, masih banyak menggunakan bahan bakar TIDAK RAMAH LINGKUNGAN (di Indonesia, nilai kandungan sulfur BBM yang non-subsidi jauh berada diatas ambang batas aman untuk lingkungan). Karena itulah perubahan harus segera kita lakukan.

Peran Mahasiswa sebagai “agen perubahan” diyakini mampu untuk menjawab tantangan lingkungan ke depan, perubahan itu bisa dimulai dengan gaya hidup sehari-hari, seperti berpergian dengan bersepeda (non -motorized), menggunakan transportasi publik dan apabila terpaksa menggunakan kendaraan bermotor, gunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Sebagai bagian dari upaya mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan, dilakukanlah penghijauan dan pembuatan lobang biopori di lingkungan kampus, agar kampus menjadi daerah yang nyaman bagi para pejalan kaki, pesepeda dan berbagai aktifitas lainnya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan pelatihan lobang resapan Biopori oleh Bapak Kamir R. Brata (pelopor LRB) bagi para peserta yang hadir dan dilanjutkan dengan praktek pembuatan LRB di lingkungan kampus Universitas Udayana Denpasar serta penanaman pohon penghijauan di sekitar kampus Universitas Udayana Denpasar & Jimbaran, dimana PPE Bali dan Nusa Tenggara bekerjasama dengan Balai Pembibitan Tanaman Hutan (BPTH) Bali dan Nusra memberikan bantuan sebanyak 250 bibit tanaman pohon sawo kecik, gelogor tiang dan jati.

Informasi Lebih Lanjut :
Novrizal Tahar
Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara
Kementerian Lingkungan Hidup
Telp/Fax : 0361 – 244172