KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sebagai tindak lanjut Lokakarya sehari tentang Pendidikan Kader Lingkungan bagi Pekerja, Pengusaha dan Instasi terkait se Eks Karesidenan Pati di Kota Pati pada tanggal 27 April 2005, Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan pada Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenetrian Negara Lingkungan Hidup, bekerja sama dengan Dewan Pengurus Daerah Federasi Serikat Pekerja Kependidikan Seluruh Indonesia (DPD F SPKSI) pada hari selasa tanggal 15 Nopember 2005 melakukan tindak nyata berupa kegiatan penghijauan Hutan Kota untuk ruang terbuka hijau, di Kalurahan Mlangsen Kabupaten Blora, yang dihadiri oleh Bupati Blora, Sekda Blora, Bapedalda Prop. Jawa Tengah, Kepala Bapeda Blora, Polres Blora, Perguruan Tinggi, LSM, Masmedia, Pramuka dan anak-anak sekolah.

Penyerahan bantuan bibit secara simbolis sebanyak 1500 batang yang terdiri dari bibit jati 1000 batang dan mahoni 500 batang, kemudian diteruskan penanaman pohon secara bersama yang diawali oleh Bupati Blora, Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan KLH, Para undangan dan dilanjutkan oleh adik-adik pramuka dan murid-murid sekolah dasar, di lokasi tanah Kas Kalurahan Mlangsen. Selain bantuan dari Kementerian Lingkunagn Hidup , Bupati Blora beliau juga ikut berpartisipasi membantu bibit jati sebanyak 3000 batang dan pupuk kandang 3 ton untuk ditanam pada lokasi yang sama.

Usaha pelestarian lingkungan berupa penghijauan hutan kota dengan maksud untuk mengatasi krisis air di Blora yang makin tinggi. Kegiatan ini bukan hal yang mudah, bahkan penuh tantangan, Ini terkait dengan isu lingkungan hidup yakni tingginya potensi konflik, faktor ketidak pastian, munculnya dampak negatif yang tidak seketika dan pemahaman masyarakat tentang lingkungan yang masih rendah.

Bupati Blora dalam sambutannya, belakangan ini krisis air di daerahnya makin tinggi tiap musim kemarau, ini dipicu oleh perusakan hutan, eksploitasi sumberdaya alam di daerah tangkapan air dan alih fungsi lahan yang tidak terkendali. Karena itu pihaknya bertekad untuk mengatasinya dengan berbagai program, misalnya membangun embung, kantong-kantong air dan konservasi lahan. Selain tersebut di atas Bupati Blora juga berpesan kepada Masyarakat Mlangsen agar tidak memandang besar kecilnya bantuan yang diberikan tetapi lihatlah nilai kepedulian pihak lain terhadap lingkungan kita dan jadikanlah kepedulian sebagai pemacu guna menumbuhkan rasa kepedulian kita terhadap lingkungan kita sendiri agar menjadi lebih baik, dan sebagai langkah kongkrit yang dapat kita laksanakan saat ini adalah dengan merawat dan memelihara secara sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab terhadap tanaman-tanaman yang telah dibantu oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup melalui DPD F. SPKSI – SPSI Jawa Tengah ini.

Kementerian Lingkungan Hidup maupun Bupati Blora mendukung langkah DPD F. SPKSI-SPSI Jawa Tengah yang aktif dalam dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, dengan harapan tidak berhenti sampai di sini saja melainkan melakukan kegiatan lingkungan yang lebih besar dan lebih luas lagi. Ngadijanto

Informasi selanjutnya dapat menghubungi:
Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan KMNLH
Telp: 021. 85911211.