KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

hulu2342.jpgJambi, 20-21 April 2007. Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan, Deputi MENLH Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat bekerjasama dengan Yayasan Pinang Sebatang Jambi, melakukan kegiatan pengkaderan lingkungan masyarakat pedesaan kawasan hulu hilir di Propinsi Jambi pada tanggal 20-21 April 2007. Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Gubernur Jambi Bidang  Ekonomi dan Pembangunan bertujuan selain membangun kader-kader lingkungan pada kawasan hulu Kabupaten Muaro Jambi dan kader lingkungan kawasan hilir Kabupaten Tanjung Jabung Timur, juga bertujuan meningkatkan motivasi dan membangun komitmen masyarakat melalui kesadaran kolektif untuk melakukan pembelaan terhadap lingkungan hidup, di samping revitalisasi kearifan lokal sebagai gerakan moral dan etika lingkungan  dalam perubahan perilaku serta sikap melalui pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat yang mandiri dan berdaya.

Kegiatan yang diikuti 100 orang kader (hulu-hilir), yang berasal dari perwakilan 10 desa dari setiap kawasan, lebih difokuskan kepada penyelamatan lahan-lahan kritis di 2 kawasan tersebut. Adapun Desa-desa dimaksud antara lain pada kawasan hulu Kabupaten Muaro Jambi yaitu Desa Pematang Raman, Sungai Aur, Betung, Londerang, Arang-arang, Seponjen, Sumber Agung, Parit, Tangkit Baru, dan Jebus. Sedangkan pada kawasan hilir pada Kabupaten Tanjung Jabung Timur antara lain Desa Telago Limo, Sungai Rambut, Simpang Datuk, Sungai Jeruk, Rasau-rasau, Alang-alang, Lambur Luar, Simbur Naik, Pemusiran, dan Nipa. Upaya yang akan dikembangkan lebih lanjut dalam proses pemberdayaan masyarakat ini adalah melakukan fasilitasi kelompok masyarakat  melalui pengelolaan sumberdaya alam berbasis komunitas pada desa binaan di 2 kabupaten tersebut (desa binaan akan dipilih berdasarkan komitmen dan motivasi yang berkembang di masyarakat disetiiap kabupaten) dengan pembibitan jelutung (karet hutan), yang nantinya akan dilakukan penanaman pada lahan-lahan kritis di kedua kawasan tersebut sebagai upaya konservasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pada kegiatan pengkaderan ini juga di berikan stimulasi bibit tanaman jelutung tersebut sebagai suporting awal KNLH dan Yayasan Pinang Sebatang.

Dalam pelaksanaannya kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pengkaderan lingkungan masyarakat pedesaan kawasan hulu dan hilir ini juga didukung oleh Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Propinsi Jambi dan Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai Batang Hari.

Informasi lebih lanjut :

Assiten Deputi urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan
Deputi MENLH Bidang Komunikasi Lingkungan dan
Pemberdayaan Masyarakat
Gedung B Lantai 5, Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24 Kebon Nanas,
JAKARTA TIMUR
Telp. 021-852032
Fax. 021 8580087