KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

kebumen.jpgProses upaya membangun kesadaran kelompok terhadap pelestarian lingkungan terus dikembangkan. Setelah upaya ini dilakukan pada poros PANTURA Bagian Barat (Kabupaten/kota Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan) Propinsi Jawa Barat beberapa waktu yang lalu, kini giliran Kabupaten Kebumen, di Propinsi Jawa Tengah.

Di Kabupaten Kebumen, upaya pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengkaderan sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2006, yang memfokuskan kepada kegiatan kader lingkungan dalam pelestarian kawasan kars dan penanganan lahan kritis melalui pemanfaatan  yang lebih produktif sebagai upaya pengurangan lahan kritis tersebut pada kawasan hulu. Di samping itu kegiatan pengkaderan di kabupaten ini juga dikembangkan di kawasan pesisir di tahun yang sama. Melalui fasilitasi gerakan masyarakat kawasan pesisir dilakukan penanaman mangrove sebanyak 10.500 bibit bersama kader lingkungan pesisir, di mana kedua kegiatan dilakukan melalui kemitraan  bersama Dinas perhutanan dan Dampak Lingkungan Kabupaten Brebes, dan berbagai pihak lain yang terkait, seperti Universitas Jenderal Sudirman, P.T. Kimia Farma, KSDA Kabupaten Cilacap.

Pada tanggal 24 sampai dengan 26 Juli 2007,  kegiatan pengkaderan dilanjutkan kembali melalui penguatan dan peningkatan kapasitas kader kelompok masyarakat dari 3 (tiga) kecamatan, yaitu Kecamatan Ayah, Rowokele dan Buayan yang dilakukan melalui kegiatan