KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Penggunaan dana yang transparan penting untuk mencegah korupsi dalam pengelolaan lingkungan hidup?, demikian disampaikan Namira Assagaf , 15 tahun, kelas 1 SMU Al Izhar, mewakili kelompok anak dalam presentasi diskusi kelompok pada Sarasehan Penguatan Kelompok Masyarakat dalam Pembangunan Berkelanjutan‚? yang berlangsung di Hotel Millenium, Jakarta, 7 Maret 2006.

Prof. Dr. Emil Salim yang merangkum hasil presentasi diskusi kelompok, menyatakan peran civil society perlu dibedakan dengan peran kelompok kepentingan (interest groups) yang konvensional (representatif dunia usaha, perempuan, dsb). Oleh karenanya, civil sosciety harus berperan sebagai artikulator kepentingan masyarakat dalam pembangunan berkelanjutan sekaligus menjadi "agent" untuk menciptakan pasar bagi masalah lingkungan dan sosial.

Pertemuan ini merupakan hasil kerjasama bilateral antara Kementerian Negara Lingkungan dengan UNEP-ROAP dalam rangka pelaksanaan Bali Strategic Plan for Technology Support and Capacity Building , yang bertujuan:

•  Meningkatkan pemahaman mengenai isu pembangunan berkelanjutan,

•  Mensosialisasikan isu global dalam pengelolaan lingkungan hidup,

•  Tukar menukar informasi antara kelompok masyarakat, serta

•  Menguatkan jejaring antar kelompok maupun organisasi masyarakat.

Nurul Arifin , sebagai duta lingkungan, memandu pleno pertama yang menghadirkan para pembicara seperti Dra. Liana Bratasida, Msi, (Staf Ahli MENLH), Nur Amalia, SH, LLM dari IPF, serta Ir. Effendi Sumardja, MSc . Acara ini dihadiri oleh sekitar 150 peserta yang mewakili 46 lembaga masyarakat yang tergabung dalam 11 major groups . Sekitar duapuluh lembaga masyarakat termasuk lembaga donor menyajikan atau memamerkan karya dan kiprahnya di bidang pengelolaan lingkungan. Peranserta dan keberdayaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup sangat penting dan diperlukan, hal ini sejalan dengan Program Warga Madani Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

 

Untuk informasi lebih lanjut :

Asdep Urusan Partisipasi Masyarakat,
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
tel:021-85904919, fax: 021-8580087,
email: asdep4_3@menlh.go.id .