KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

kader_bogor.jpgPada tanggal 30 Juni  2009, Deputi MENLH Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat  mengukuhkan 100 orang kader LH masyarakat tradisional dan adat Hulu DAS Ciliwung, Kecamatan Ciawi yang merupakan perwakilan dari 2 desa yaitu desa Cibedug, Bojong Murni. Pada kesempatan ini Deputi VI KNLH menyerahkan kebun bibit desa berbasis masyarakat di Desa Bojong Murni,  seluas 0,5 ha kepada  Kelompok Kader LH/Kelompok Tani Sadar Tani Hulu DAS Ciliwung di Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. 

Persemaian kebun bibit ini, dibuat sejak  awal bulan Maret 2009. Dalam perkembangannya kedepan  diharapkan dapat menjadi sentra pembibitan pohon berkualitas, baik tanaman kehutanan maupun tanaman  MPTS dan  mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat  serta daerah sekitar akan bibit pohon dalam upaya penghijauan lahan kritis masyarakat di hulu DAS Ciliwung khususnya Kecamatan Ciawi,  Kabupaten Bogor dalam antisipasi banjir dan tanah longsor.

Dalam kurun waktu 4 (empat) bulan setelah persemaian diharapkan kebun bibit ini  mampu memproduksi 35.000 bibit pohon tanaman kehutanan yang mempunyai nilai konservasi dan ekonomi tinggi seperti Albasia (Sengon), Nangka, Mahoni dan rencana akan  ditanam pada lahan kritis masyarakat di Kecamatan Ciawi.

Dalam sambutannya Deputi VI KNLH mengatakan bahwa akhir-akhir ini hujan dan panas silih berganti dalam waktu yang tidak menentu, ini menunjukkan perubahan iklim yang disebabkan pemanasan global. Sehingga  masyarakat menjadi bingung. Disamping itu hal tersebut juga berdampak pada kesehatan masyarakat.

Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi tentang  Dampak pemanasan global dan program kampung ilkim oleh Asdep Urusan Pengendalian Dampak Perubahan Iklim Deputi III KNLH, Insentif dan pendanaan lingkungan bagi pengelolaan LH oleh Asdep Urusan Insentif dan Pendanaan Lingkungan dan program penghijauan berbasis rakyat oleh dinas Pertanian dan Kehutanan  Keberhasilan dari program pemberdayaan masyarakat yang telah di sinkronisasikan dengan dinas terkait pada tahun 2007 lalu telah menghasilkan  komitmen  dengan Dirjen PLA Dep. Pertanian, bahwa tahun 2010  y.a.d, akan memfasilitasi program  konservasi terpadu (pohon, kebun dan ternak) kepada  kelompok tani Baru Asan di desa Jogjogan, Kelompok Tani Wijaya Tani di desa Tugu Utara dan Sugih Mukti  di desa Cipayung Girang.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Yayasan Rahmatan Lil Alamin (RLA) dan peran aktif masyarakat yang didukung oleh DPRD Jawa Barat,  Pemda setempat dan dinas terkait seperti  BP DAS Citarum dan Ciliwung, Dinas Pertanian, Pemda Kabupaten Bogor, Dinas Kehutanan, Dinas Tata Ruang dan LH, Perhutani KPH Bogor, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama.

Sumber :

Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan.
Telpon/Fax: 021-8580087