KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

balikpapan_2.jpgLokakarya Peningkatan Peran Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Pembentukan Kader Lingkungan  di kawasan perkotaan, Balikpapan, diselenggarakan   pada tanggal 25 Juni 2007 atas kerjasama Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Bapedalda Kota Balikpapan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari tahapan sosialisasi dan pembekalan yang telah dilakukan sebelumnya disusul  dengan pembentukan dan Pengukuhan Kader Lingkungan.

Walikota Balikpapan dalam sambutannya, antara lain menyampaikan bahwa Terbentuknya kader-kader lingkungan di Kota Balikpapan, diharapkan  dapat menjadi pioneer dan memberikan contoh konkrit dalam pengelolaan lingkungan di wilayahnya,  khususnya pengelolaan dan mereduksi sampah, melakukan pemilahan dan daur ulang serta pengomposan mulai dari sumbernya yakni rumah tangga. Selanjutnya Walikota juga menghimbau kepada para peserta lokakarya agar mulai sekarang menghindari membeli produk dengan kemasan yang tidak ramah lingkungan, melakukan kegiatan yang hemat energi, hemat air, terlebih untuk kota Balikpapan yang sering mati listrik.

Dalam upaya memotivasi, meningkatkan  kapasitas, kepedulian dan kesadaran masyarakat Kota Balikpapan terhadap pentingnya pengelolaan lingkungan hidup, dilakukan penyerahan bibit Pohon buah-buahan dan komposter Percontohan serta mendatangkan Dra. Tetty Suryati, Praktisi Lingkungan yang telah berhasil membina kelompok masyarakatnya di Kampung Bulak Klender, Jakarta Timur,  sebagai salah satu nara sumber pada kegiatan tersebut, disamping nara sumber lokal lainya. 

balikpapan_22.jpgSementara itu Deputi VI Menteri Negara Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan antara lain menyampaikan bahwa Pembangunan berkelanjutan memerlukan keterlibatan semua pelaku dalam suatu proses yang saling menghargai identitas, jatidiri dan peran masing-masing elemen masyarakat dalam proses pembangunan yang dapat terwujud apabila telah tercipta masyarakat madani yang kuat, dengan dukungan system informasi dan komunikasi yang transparan dan akurat sehingga mampu melaksanakan kontrol publik.

Menyikapi permasalahan lingkungan yang semakin kompleks di perkotaan, maka saat ini bukan lagi saatnya berteori tapi marilah kita buktikan dengan karya nyata. Oleh karena itu Kementerian Negara Lingkungan Hidup menaruh harapan besar kepada 75 orang kader lingkungan yang mewakili unsur masyarakat Permukiman, Komunitas Keagamaan, Pengelola Pasar Tradisional, dan PKK untuk selalu berada pada lini terdepan dan menjadi pioneer dalam melakukan pembelaan terhadap lingkungan serta mampu melakukan aksinyata dalam mengatasi permasalahan lingkungan yang dihadapinya guna mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, yang menjadi hak dan dambaan masyarakat luas. 

Sumber:

Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
Gedung B Lt. V, Telp/Fax :  021- 85911211