Pengukuhan Kader Lingkungan di Sumba Timur

Waingapu (Kabupaten Sumba Timur), 24 November 2004 Beberapa upaya untuk meningkatkan peran masyarakat perdesaan dalam pelestarian lingkungan hidup, antara lain melalui pengukuhan kader lingkungan dari perutusan berbagai lapisan dan tokoh masyarakat, pemberian insentif (mis. bantuan bibit pohon sebagai stimulan), dialog interaktif dalam upaya menjaring permasalahan, aspirasi, dan mencari bentuk pemecahan persoalan. Sehubungan dengan itu, tanggal [...]

26 Nov 2004 12:02 WIB

Waingapu (Kabupaten Sumba Timur), 24 November 2004

Beberapa upaya untuk meningkatkan peran masyarakat perdesaan dalam pelestarian lingkungan hidup, antara lain melalui pengukuhan kader lingkungan dari perutusan berbagai lapisan dan tokoh masyarakat, pemberian insentif (mis. bantuan bibit pohon sebagai stimulan), dialog interaktif dalam upaya menjaring permasalahan, aspirasi, dan mencari bentuk pemecahan persoalan.

Sehubungan dengan itu, tanggal 24 November 2004, telah dilaksanakan Dialog Interaktif Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Kegiatan ini difasilitasi oleh KLH, Pemerintah Daerah Sumba Timur, dan The World Neighbours. Dialog berlangsung di Waingapu (Kabupaten Sumba Timur) yang dihadiri oleh 350 orang terdiri dari perutusan masyarakat adat/perdesaan, Muspida Sumba Timur, anggota legislatif, LSM, tokoh agama, pengusaha, pers, dan lembaga donor. Dialog ini turut dihadiri Bupati Sumba Timur, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Balai Taman Nasional Lai Wanggi Wanggameti, Kapolres, Danramil, Para Kepala Dinas, Kepala Bapedalda Sumba Timur, para Camat, dan para Kepala Desa. Topik bahasan dialog meliputi masalahan illegal logging, kebakaran hutan, pemburuan satwa, dan serangan hama belalakang. Dialog ini berhasil menjaring berbagai penyebab timbulnya persoalan di atas serta upaya penyelesaiannya.

Dialog dilanjutkan dengan pengukuhan 150 orang tokoh masyarakat dan 48 Kelompok Masyarakat Pelestari Hutan (KMPH) sebagai kader lingkungan. Kelompok masyarakat tersebut umumnya bermukim di sekitar Taman Nasional Lai Wanggi Wanggameti di Kab. Sumba Timur.

Pengelolaan Taman Nasional Lai Wanggi Wanggameti merupakan contoh sukses pengelolaan Taman Nasional yang berbasis masyarakat. Berbagai kesepakatan yang dibangun oleh masyarakat lokal bersama mitra lingkungan berhasil mengamankan hutan dan satwa. Berbagai forum komunikasi dibangun pada setiap tingkatan (desa, hamparan/kawasan, kabupaten) untuk membahas setiap issue yang berkembang. Pada akhir kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon cendana yang dilakukan secara simbolik oleh Deputi III dan peserta lainnya. Penanaman pohon akan dilanjutkan di pekarangan rumah masing-masing peserta sebagai hutan keluarga. ***

Informasi Lebih Lanjut Hubungi:
Asdep 2/III, Deputi III
Ged. B Lantai 5
Kementerian Lingkungan Hidup
Jl. D.I. Panjaitan, Kebon Nanas
Jakarta Timur 13410
Telp (021) 8520392; Faks. (021) 8580087
E-mail: kalpataru@yahoo.com

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
Sex izle Film izle Hd Film izle Seo Danışmanı