KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

kalimantan01.jpgPada tanggal 24 Juli 2007, bertempat di Aula Kantor Bupati Sanggau, Kalimantan Barat, telah dilaksanakan kegiatan Pemberdayaan Pemberdayaan Masyarakat Tradisional dan Adat dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup, merupakan bagian kegiatan dari  Program Warga Madani yang dikembangkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH), Deputi MENLH Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat.


Kegiatan Pemberdayaan Pemberdayaan Masyarakat Tradisional dan Adat dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup di Kabupaten Sanggau yang dilaksanakan berkat kerjasama dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Kalimantan Barat (AMAN Kalbar), mencakup kegiatan pengkaderan lingkungan hidup, pengukuhan kader LH, penanaman pohon, pembentukan kelompok dan dialog interaktif.

Pada kesempatan itu juga, Deputi MENLH bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat yang diwakili oleh Asisten Deputi urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan mengukuhkan 100 orang kader lingkungan hidup masyarakat adat Kabupaten Sanggau yang merupakan perwakilan dari 4 kecamatan yaitu: Kecamatan Kapuas, Kecamatan Bonti, Kecamatan Parindu dan Kecamatan Tayan Hulu. Disamping itu juga diberikan bantuan bibit Pohon Ulin, Rotan, Tangkawang, Kayu Manis, Karet, Rotan sebanyak 1000 pohon, untuk ditanam di lahan kritis milik masyarakat adat seluas 1 ha.

Dalam sambutannya Asisten Deputi urusan Masyarakat Pedesaan mengungkapkan bahwa, kader LH yang baru dikukuhkan ini adalah kepanjangan tangan KNLH dalam menjaga kualitas LH di sekitarnya karena itu harus memiliki perilaku yang baik, dedikasi dan komitmen yang tinggi terhadap lingkungan di daerahnya, serta mampu menempatkan kepentingan lingkungan di atas kepentingan sesaat. Yang terpenting sebagai wakil dari komunitasnya mampu menyampaikan aspirasi, pandangan dan memperjuangkan haknya untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berkarya nyata di bidang pelestarian lingkungan hidup.

Sumber:

Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Gedung B Lantai 5
Jl. DI.
Panjaitan Kebon Nanas
Jakarta Timur 13410
Telp. 8520392/ Fax. 8580087