KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Masyarakat Perkotaan Se-Bandung Raya.
klhsebandung_copy.jpg23 April 2007. Deputi  MenLH Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat KNLH, Drs. Sudariyono  mengukuhkan 75 orang kader peduli lingkungan masyarakat perkotaan se-Bandung Raya yang terdiri dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi bertempat di Kampung Pa’go Ciwidey. Sebelum dikukuhkan, terlebih dahulu diberikan sosialisasi dan pembekalan selama dua hari di mana peserta diberikan pengetahuan, wawasan tentang lingkungan, penegakan hukum lingkungan dan lain-lain.

Selain itu peserta juga mendapatkan pembelajaran bersosialisasi melalui Dinamika Kelompok yang dipandu oleh kader dari Warga Peduli Lingkungan Bandung. Dalam sambutannya Drs. Sudariyono mengatakan sangat menaruh harapan besar pada kader ini dan selalu berada pada garda terdepan dalam melakukan pembelaan terhadap lingkungan.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Bandung, yang mewakili Bupati, pada saat menutup secara resmi kegiatan tersebut, mengatakan bahwa ke 75 orang kader peduli lingkungan ini merupakan asset bagi Pemerintah Daerah, dan akan menjadi mitra kerja mereka walaupun ada yang bermukim di luar Kabupaten Bandung. Kegiatan dilakukan atas kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan  Yayasan Warga Peduli Lingkungan Bandung.

Pesantren Musaddadiyah GARUT.
klhpesantrengarut.jpgSetelah melaksanakan pengukuhan Kader Peduli Lingkungan Masyarakat Perkotaan di Ciwidey, Bandung, dilanjutkan dengan pengukuhan Kader Peduli Lingkungan Komunitas Pesantren Musaddadiyah di Garut pada tanggal 25 April 2007. Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, Ir. Bambang Widyantoro yang mewakili Deputi VI KNLH, mengukuhkan sebanyak 75 orang kader peduli lingkungan yang terdiri dari kelompok Ibu-ibu Muslimat, Pesantren, Da’i, Guru, Pelajar  dan masyarakat permukiman.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Yayasan Musaddadiyah Garut. Sebelum dikukuhkan sebagai kader, terlebih dahulu diberikan pembekalan selama satu hari yang lebih dititikberatkan kepada sosialisasi lingkungan dan pemanfaatan sampah berbasis ekonomi.

Kementerian Lingkungan Hidup akan memfasilitasi kegiatan lingkungan yang akan dilaksanakan para kader sebagai follow up dari pengukuhan ini. Karena Yayasan Musaddadiyah sudah memiliki rencana kegiatan lingkungan seperti menjadikan Pesantren Musaddadiyah sebagai sekolah yang ramah lingkungan, pengomposan, pengembangan pertanian non-organik dan lain-lain.

Sumber:
Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan KNLH
Tlp. 021 85911211
(morasakti@menlh.go.id, inung@menlh.go..id)