KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Berdasarkan pertanyaan dari masyarakat mengenai perkembangan Lomba Logo Ekolabel yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup khususnya Asisten Deputi Urusan Standarisasi dan Teknologi Kementerian Lingkungan Hidup dan sekaligus menjawab pertanyaan Achmad Eka Surya, dari DKI Jakarta yang menanyakan mengenai lomba logo lingkungan hidup dalam buku tamu website LH, dengan ini kami menyampaikan informasi sebagai berikut.

Karya Peserta Lomba.
Jumlah karya peserta yang masuk hingga hari Jum’at, 23 Januari 2003 pukul 12.00 WIB adalah sebanyak 244 logo ekolabel.

Dewan Juri.
Lomba logo ekolabel ini akan dinilai oleh Dewan Juri yang berasal dari institusi yang mewakili berbagai kepentingan dan dianggap kompeten untuk menilai logo ekolabel tersebut yaitu KLH, YLKI, Dewan Disain Nasional, IKJ, BSN, LEI, PT. Astra Internasional Tbk, Tim Komunikasi KLH, Yayasan Garuda Nusantara, serta wakil dari Media.

Sistem Penjurian.
Penjurian akan dilaksanakan pada bulan Pebruari 2004, setelah terlebih dahulu diseleksi awal oleh Panitia Lomba berdasarkan kelengkapan persyaratan. Selain itu Panitia lomba juga menjaring karya yang dinilai hampir menyerupai logo ekolabel negara lain atau logo lain yang ada. Panitia tetap melaporkan kepada dewan juri semua karya yang masuk.

Penjurian akan dilaksanakan dalam 3 tahap. Tahap pertama: Dean juri akan menentukan sekelompok karya unggulan berdasarkan pada makna gambar dan kesesuaian dengan tema, komposisi bentuk dan warna, eye catching dan nama logo yang diusulkan. Tahap kedua: Dewan Juri akan menentukan 5 karya terbaik yang akan disampaikan kepada Menteri Negara Lingkungan Hidup. Tahap ketiga: Dewan Juri bersama Menteri LH akan memilih satu karya pemenang lomba dari lima karya yang terpilih sebelumnya.

Jadwal Tentatif Penjurian.
Tahap I : Minggu ke-2 Pebruari 2004
Tahap II & III : Minggu ke-3 Pebruari 2004

Konferensi Pers Pengumuman Pemenang Lomba Logo: Minggu ke-4 Pebruari 2004 atau Minggu ke-1 Maret 2004.

Ketentuan Penjurian dan Pemilihan Pemenang.
1. Panitia tidak melayani/tidak melakukan korespondensi dengan para peserta lomba.
2. Hasil penjurian dan pemilihan pemenang lomba bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat oleh peserta lomba maupun pihak-pihak lainnya.

Semoga informasi ini dapat memabantu.

Informasi Lebih Lanjut:
Asdep Urusan Standarisasi dan Teknologi KLH
Telp: (021) 85906167