KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 9 Maret 2004 — Dewan Juri Lomba Logo Ekolabel Indonesia bersama dengan Menteri Negara Lingkungan Hidup telah memilih dan menetapkan Chandra Rahmatillah sebagai Pemenang Utama Lomba Logo Ekolabel Untuk Produk Manufaktur. Pemenang Utama akan menerima hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 7.500.000,- (tujuh juta lima ratus Rupiah) dan produk ekolabel dari Ecomark Jepang berupa alat tulis kantor dan kaos.

Hal ini disampaikan pada acara Pengumuman Pemenang Lomba Logo Ekolabel Indonesia tanggal 9 Maret 2004 di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup. Pada kesempatan ini, Menteri Negara Lingkungan Hidup menyerahkan langsung hadiah kepada Pemenang Utama dan 5 karya peserta terbaik. “Besar harapan saya, logo ekolabel yang sudah terpilih dapat segera digunakan sebagai logo ekolabel resmi untuk produk manufaktur yang ramah lingkungan,” demikian disampaikan Menteri Negara Lingkungan Hidup, Nabiel Makarim, MPA, MSM dalam sambutannya.

Tujuan lomba ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut serta dalam pengenalan dan penerapan Ekolabel di Indonesia. Logo Ekolabel adalah tanda atau gambar yang diberikan pada suatu produk atau kemasan yang menyatakan bahwa produk tersebut telah memenuhi persyaratan lingkungan.

Penjurian telah dilakukan melalui tiga tahap, yaitu, tahap pertama Dewan Juri menyeleksi dan menentukan 11 karya terbaik. Selanjutnya, pada tahap kedua, dipilih 5 karya terbaik. Tahap ketiga yang merupakan tahap terakhir, Dewan Juri bersama Menteri Negara Lingkungan Hidup memilih dan menetapkan karya terbaik yang akan menjadi pemenang utama.

Dewan Juri terdiri dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Dewan Disain Nasional, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Badan Standarisasi Nasional (BSN), Lembaga Ekolabel Indonesia (LEI), Tim Komunikasi KLH, Yayasan Garuda Nusantara, serta wakil dari Media (Femina).

Tentang Pemenang Utama

Chandra Rahmatillah adalah Graphic Desainer di After Hour, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Graphic Desain. Lelaki kelahiran Jakarta, 8 September 1972 ini mengaku bangga dan senang terpilih sebagai pemenang utama Lomba Logo Ekolabel Indonesia untuk produk manufaktur. “Saya ingin punya karya yang selalu bisa dilihat dan dikenal secara umum,” demikian komentar Chandra.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Penjurian Lomba Logo Ekolabel Indonesia untuk produk manufaktur, silahkan menghubungi:

Dra. Masnellyarti Hilman, M.Sc
Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis Pengelolaan Lingkungan Hidup
Kementerian Lingkungan Hidup, Gd. A, lt. 6
Jl. DI Panjaitan Kav 24, Kebon Nanas
Jakarta Timur 13410
Tel/Fax : (021) 8590 4923
Email : nelly@menlh.go.id