KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kementerian Lingkungan Hidup menerima salinan berita mengenai peluang partisipasi pada program Stockholm Convention 10th Anniversary Global Art Contest for Children and Youth (16 Maret 2012) dari Kementerian Luar Negeri. Bersamaan dengan ini pula disampaikan bahwa PTRI Jenewa telah menerima komunikasi dari Sekretariat Stockholm Convention yang disampaikan oleh penyelengara kegiatan diatas.

Adapun kegiatan Stockholm Convention 10th Anniversary Global Art Contest for Children and Youth sebagai berikut;

  1. Dalam rangka perayaan 10 (sepuluh) tahun Stockholm Convention pada bulan Mei 2011, Sekretariat Stockholm Convention mengelar kompetisi publik dengan tema “Stockholm at 10: Chemical Chailenges, Sustainable Solution”.
  2. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan public awareness mengenai bahaya Parsistent Organic Pollutants (POP) dan dampaknya terhadap ekosistem global.
  3. Bidang-bidang yang diperlombakan ldalam kegiatan ini adalah segala jenis ekspresi seni baik melalui media lukisan/gambar, fotografi, maupun sinematografi dalam bentuk video pendek, dengan obyek-obyek yang sejalan dengan tema kegiatan tersebut diatas.
  4. Peserta yang diharapkan untuk kegiatan ini adalah anak-anak dan generasi muda, yang dibagikan menurut kelompok usia 5-10 tahun, 11-15 tahun, dan 16-20 tahun.
  5. Peserta akan memperebutkan 27 posisi pemenang (final winners) untuk ketiga cabang karya seni yang diperlombakan, dimana akan terdapat 3 pemenang untuk masing-masing kelompok usia.
  6. Hasil karya dari para pemenang dimaksudkan akan dipamerkan pada Rio+20 (United Nations Conference on Sustainable Development) di Brazil pada tanggal 4-6 Juni 2012, dan dilanjutkan dengan ekspose di berbagai “Stockholm Convention Regional Centres”.
  7. Komite penyelenggara mengharapkan keterlibatan aktif dari seluruh pemangku kepentingan Stockholm Convention.
  8. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui URL: http://chm.pops.int/Convention/StockholmConvention10thanniversary/Globalartyouthcontest/tabid/2353/Default.aspx

Catatan Tambahan:

  • Sebagai negara pihak yang selama ini aktif dalam berbagai komite Stockholm Convention, Indonesia perlu terus memelihara momentum dan meningkatkan visibilitynya dalam berbagai kegiatan yang ditujukan untuk mereduksi ancaman polutan organik. Untuk itu, kiranya peluang partisipasi pada Stockholm Convention 10th Anniversary Clobal Art Contest for Children and Youth tersebut di atas dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.
  • Sehubungan dengan hal-hal tersebut di atas, mohon kiranya tanggapan dari Pemerintah Indonesia dapat kami terima dalam waktu yang tidak terlalu lama untuk selanjutnya diteruskan ke Sekretariat Stockholm Convention.

Jenewa, 3 November 2011

Sumber:

Nanda Avalist

Sekretariat Ketiga-Ekonomi

Kementerian Luar Negeri