KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kementerian Lingkungan Hidup mengadakan kegiatan “Peningkatan Kapasitas dan Pengembangan Peran Kader Petani Peduli Lingkungan Lereng Gunung Slamet”, selama dua hari mulai dari tanggal 19 s/d 20 Maret 2006 di Pendopo Wisma Perhutani Baturaden, Purwokerto Jawa Tengah. Sarasehan tersebut terlaksana berkat kerja sama KLH dengan LSM Pengelola Sumber Daya Alam (PSDA Watch).

Tujuan dari kegiatan Sarasehan Lingkungan Hidup ini untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian dan peran aktif masyarakat pedesaan khususnya petani lereng Gunung Slamet pada pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan pelestarian lingkungan hidup, serta dalam usaha meningkatkan kuantitas dan kualitas kader lingkungan hidup pedesaan. Melalui kegiatan ini, diharapkan tumbuh tuntutan (demand) dari masyarakat pedesaan untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, serta timbul inisiatif lokal masyarakat untuk mengatasi permasalahan lingkungan di sekitarnya.

Sarasehan ini, diikuti oleh 200 perwakilan masyarakat petani lereng Gunung Slamet Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Brebes, Batang, Pemalang. Kegiatan sarsehan ini antara lain: penanaman pohon, pengkaderan LH, dialog interaktif, dan pelatihan lingkungan hidup.

Sarasehan di buka oleh Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakan yang diwakili oleh Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan. Dalam acara pembukaan Gubernur Jawa Tengah memberikan sambutan yang dibacakan oleh ketua Bakorlin III Propinsi Jawa Tengah. Sedangkan keynote speaker Menteri Pertanian. dibacakan oleh Dr. Ahmad Dimyati (Dirjen Perkebunan).

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Dr. Muchiddin (Dirjen Hortikultura Departemen Pertanian), Bapak Suripto (anggota Komisi I DPR RI), Dr. Suswarno (Wakil ketua Komisi IV DPR RI), Kepala Perhutani Unit I, wakil kepala Bapedalda Propinsi Jawa Tengah, Kepala Administratur Banyumas Timur, Direktur PSDA Watch dan instansi terkait Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas, Pemalang. Brebes, Tegal dan Purbalingga.

Sarasehan dibuka oleh Asdep Urusan Masyarakat Pedesaan mewakili KLH. Sementara itu, Gubernur Jateng dan Menteri Pertanian membuat sambutan dan keynote speech tertulis.

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Komunikasi LH dan Pemberdayaan Masyarakat yang dibacakan oleh Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan, menyatakan bahwa permasalahan lingkungan yang terjadi di lereng Gunung Slamet ini, sebenarnya merupakan resultante dari berbagai macam faktor yang melingkupi kehidupan petani atau masyarakat yang melakukan pemanfaatan lahan, yang didorong untuk mendapatkan hasil maksimal dalam jangka pendek, tanpa memperhatikan dampak lingkungannya. Dinamika pelestarian dan pengelolaan LH yang terjadi di lereng Gunung Slamet tidak terlepas dari aspek-aspek penentunya. Salah satu aspek yang sangat signifikan adalah kepedulian masyarakat, di mana masyarakat mempunyai kepentingan dan manfaat dari apa yang dilakukannya. Untuk itu, kepedulian, inisiatif lokal dan kemandirian masyarakat dalam menghadapi masalah LH di sekitarnya perlu terus dibangun. Melalui pengkaderan dan peningkatan kapasitas kader LH diharapkan kerusakan SDA hutan lereng Gunung Slamet dapat di minimalkan.

Hasil dari kegiatan�Peningkatan Kapasitas dan Pengembangan Peran Kader Petani Peduli Lingkungan Lereng Gunung Slamet� adalah meningkatnyaa jumlah kader petani peduli lingkungan hidup lereng Gunung Slamet dari 50 kader menjadi 200 kader bertambahnya jumlah pohon yang ditanam masyarakat pedesaan dari 4000 pohon menjadi 10.000 pohon; dan meningkatnya pengetahuan kader petani peduli lingkungan hidup lereng Gunung Slamet tentang pertanian ramah lingkungan, pembibitan pohon produktif yang mempunyai nilai ekonomi dan konservasi tinggi, kebijakan pengelolaan lingkungan hidup dan Sumber Daya Alam (SDA) ramah lingkungan, serta pentingnya pelestarian lingkungan hidup bagi keberlanjutan usahanya di bidang pertanian.

Informasi lebih lanjut:
Hubungi Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan (Asdep 4/VI) Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup, Tlp. 021 – 8580087/8520392