KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Surabaya, 17 Juli 2014. Kementerian Lingkungan Hidup menyelenggarakan Peningkatan Kapasitas Verifikator Program Kampung Iklim (Proklim) 2014, pada 16 – 18 Juli 2014 di Surabaya. Acara ini dihadiri oleh 18 perwakilan Badan Pengelolaan Lingkungan Provinsi dan dibuka oleh Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim KLH, Ir. Arief Yuwono, MA.

Program Kampung Iklim (ProKlim) yang dikoordinasikan oleh KLH, merupakan upaya pemerintah memberikan penghargaan terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

Jumlah kampung iklim yang diusulkan untuk Program kampung iklim sejak tahun 2012 sampai sekarang 414 kampung termasuk 163 kampung yang diusulkan di tahun 2014. Sementara itu, penghargaan ProKlim yang telah diberikan oleh KLH pada tahun 2012 sebanyak 7 kampung dan tahun 2013 sebanyak 4 kampung.

Penyelenggaraan pelatihan verifikator merupakan tahapan penting dalam pelaksanaan ProKlim guna menyiapkan SDM pelaksana verifikasi yang kompeten di tingkat Provinsi. Peserta pelatihan akan memfasilitasi persiapan verifikasi pengusulan ProKlim, berkoordinasi dengan SKPD Lingkungan Hidup di tingkat Kabupaten/Kota dan Sekretariat ProKlim KLH.

Arief Yuwono mengatakan dalam sambutan pembukaan, “Kertelibatan dan peran institusi pengelola lingkungan hidup di daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, merupakan poin penting dalam pelaksanaan ProKlim sehingga peningkatan kapasitas institusi daerah ini menjadi salah satu agenda kegiatan KLH karena sesuai mandat dan fungsi KLH dalam melakukan pembinaan di daerah”.

Kegiatan verifikasi ProKlim merupakan proses pemeriksaan kesesuaian informasi yang disampaikan dalam dokumen pengusulan Proklim dengan kondisi yang ada di lapangan. Tim Verifikasi terdiri dari individu yang memiliki kemampuan teknis untuk melakukan verifikasi Proklim serta memiliki surat tugas dari Kepala Sekretariat Proklim.

Sementara itu, hari ini diselenggarakan juga acara Silahturahmi dan Buka Puasa Bersama di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup Jakarta bersama Menteri Lingkungan Hidup, para pejabat dan pegawai KLH. Acara ini dihadiri pula oleh Mantan Menteri Lingkungan Hidup, dan para wartawan media cetak dan elektronik.

Untuk Informasi Lebih Lanjut:
Ir. Arief Yuwono, MA,
Deputi Pengendalian Kerusakan Lingkungan
dan Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup,
email: proklim.klh@gmail.com,