KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kawasan_perkotaan.jpgMedan salah satu kota besar yang memiliki persoalan lingkungan yang cukup beragam terutama pengelolaan lingkungan perkotaan baik pengelolaan sampah padat, cair maupun ruang terbuka hijau yang ada.

Sungai Deli dan pengelolaan pasar di Kota Medan dan sekitarnya merupakan sasaran penting oleh Asdep Pemberdayaan dengan berbagai stakeholder di Kota Medan pada tanggal 16 Mei 2008. Mereka adalah kelompok-kelompok masyarakat yang didampingi oleh Institut Sampah Sungai Deli (ISSD) serta pengelola pasar untuk mencari solusi bersama persoalan-persoalan yang terjadi di Kota Medan.

Isu global mengenai pemanasan bumi merupakan persoalan yang harus dijadikan kesadaran bersama dengan pemahaman yang lebih sederhana dan tidak terlalu teoritis sehingga mudah difahami oleh masyarakat. Selama ini masyarakat belum memahami bahwa tindakan-tindakan sederhana masyarakat yang dilakukan dengan prinsip-prinsip 3 R serta efisiensi dan penghematan sumberdaya merupakan sumbangan besar bagi pengurangan dampak pemanasan bumi apabila dilakukan oleh lebih banyak orang.

Sungai Deli yang berada di Kota Medan dan pasar selama ini menjadi masalah yang belum bisa diatasi dengan baik. Partisipasi masyarakat baik dari masyarakat sekitar bantaran sungai Deli dan komunitas pasar yang terdiri dari para pedagang, pengelola maupun pembeli mampu mengembangkan mekanisme dan standar yang ramah lingkungan dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Sumber:

Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
021/85911211 /
praszt@menlh.go.id