KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 17 Januari 2006 – Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) menjalin kerjasama dengan Karang Taruna Nasional dalam rangka meningkatkan PERAN KARANG TARUNA DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP. Salah satu tujuannva adalah mendayagunakan potensi Karang Taruna dalam menyampaikan informasi lingkungan serta mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup. Kerjasama ini merupakan bagian dari Program Warga Madani Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam upaya mendorong meningkatkan peran serta dan keberdayaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup. Menteri Negara Lingkungan Hidup (MENLH), Ir. Rachmat Witoelar akan mewakili Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam penandatanganan Kesepakatan Kerjasama dengan Ketua Pengurus Nasional Karang Taruna, Dody Susanto.

Pada kesempatan ini, MENLH sekaligus meresmikan Gugus Aktif Relawan untuk Daerah dan Lingkungan (GARUDA TARUNA) yang akan bertindak sebagai pilar penjaga kelestarian lingkungan hidup di daerah. Selain itu, MENLH juga melepas 300 anggota GARUDA TARUNA yang berinisiatif melakukan Bakti Sosial Lingkungan di wilayah Jakarta Timur serta melepas 100 anggota GARUDA TARUNA ke wilayah bencana alam di Banjarnegara.

Sebagai bekal dan perkenalan terhadap isu-isu lingkungan, Ibu Ully Harry Rusadi hadir menuturkan pengalamannya sebagai pionir lingkungan yang diharapkan dapat menjadi inpirasi bagi para pengurus Karang Taruna Nasional. Kehadiran para pionir muda di bidang lingkungan sudah sangat mendesak diperlukan sebagai garda terdepan mencegah kerusakan lingkungan yang saat ini sudah semakin parah.

Untuk informasi lebih lanjut:
Asdep Urusan Partisipasi Masyarakat
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
telpon : 021-85904919, fax: 021-8580087,
email: asdep4_3@menlh.qo.id